KINERJA PENJAMINAN : Jamkrindo Palembang Lampaui Target

Oleh: Dinda Wulandari 09 November 2018 | 02:00 WIB
KINERJA PENJAMINAN : Jamkrindo Palembang Lampaui Target
Karyawan Jamkrindo memberikan penjelasan mengenai produk penjaminan kredit kepada calon nasabah/JIBI-Dedi Gunawan

PALEMBANG – Perusahaan Umum (Perum) Jamkrindo mencatatkan realisasi kinerja yang cukup signifikan menjelang tutup tahun 2018 ini seiring dengan capaian jaminan yang sudah melampaui target.

Kepala Cabang Perum Jamkrindo Palembang Heryanto Nugroho mengatakan, dari target nilai penjaminan di Sumsel tahun ini sebesar Rp4,1 triliun pada awal November ini tercatat sudah mencapai Rp4,4 triliun.

“Alhamdulillah kinerja penjaminan Jamkrindo cabang Palembang sudah maksimal,” katanya, Rabu (7/11).

Raihan tersebut, kata dia, disokong oleh dua sektor utama, yakni dari kredit usaha rakyat (KUR) perbankan sekitar Rp1,13 triliun, kredit Bank Sumsel Babel Rp800 miliar, dan penjaminan kredit fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari BTN sebesar Rp1,46 triliun.

“Lalu dari sektor nonbank sebesar Rp863 miliar, berasal dari jaminan proyek, dan distributor semen Baturaja,” katanya.

Menurutnya, sejumlah produk baru yang dijalankan oleh Jamkrindo memberikan dampak yang cukup positif, yakni lewat sinergi BUMN. Adapun proses yang saat ini tengah berjalan adalah penjaminan distributor dan supplier semen dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

“Ke depan kami juga berencana melakukan penjajakan sinergi dengan BUMN Lainnya, seperti Pusri ataupun PTBA,” katanya.

Dari realisasi penjaminan tersebut, pihaknya mencatat perolehan imbal jasa penjaminan (IJP) sekitar 80% dari target Rp62 miliar.

“Di sisa waktu dua bulan ini kami optimis jika target capaian perusahaan akan tercapai 100%,” katanya.

Sementara itu terkait dengan prospek tahun depan, menurutnya kondisi pasar tidak akan jauh berubah dengan saat ini. Namun, pihaknya tetap akan memaksimalkan produk penjaminan yang sudah ada, khususnya di sektor BUMN.

Editor: Roni Yunianto

Berita Terkini Lainnya