CIMB Niaga Syariah Gelar Customer Gathering di Medan

Oleh: Ropesta Sitorus 08 November 2018 | 12:54 WIB
CIMB Niaga Syariah Gelar Customer Gathering di Medan
CIMB Niaga Syariah.

Bisnis.com, MEDAN — Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyelenggarakan “Customer Gathering for Syariah Business Banking” di Medan, Kamis (8/11/2018).

Acara dihadiri oleh lebih dari 100 nasabah Corporate Banking, Commercial Banking, dan Usaha Kecil Menengah (UKM), termasuk para pengelola biro travel Haji dan Umrah anggota Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH), dan Asosiasi Muslim Travel Sumatera (AMTAS) yang berdomisili di Sumatera.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, customer gathering tersebut bertujuan mengapresiasi sekaligus mengedukasi nasabah mengenai produk dan jasa perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga Syariah.

“Kami berharap jalinan silaturahmi dengan nasabah makin erat. Kami ingin senantiasa menjadi mitra utama untuk mendukung usaha para nasabah agar terus berkembang dan meraih sukses,” kata Pandji.

Mengusung tema “Peluang dan Tantangan Bisnis Syariah di Indonesia”, CIMB Niaga Syariah memaparkan produk dan layanan unggulan pada segmen business banking, seperti iB Investor Account, iB Tabungan Usaha, iB Modal Kerja dan Investasi, serta iB Pembiayaan Rekening Koran.

Selain itu, lanjut Pandji, pihaknya juga menyiapkan produk trade finance iB seperti Letter of Credit iB, Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKDN), dan Bank Garansi iB termasuk untuk travel Haji dan Umrah. Dengan jaringan yang luas, Bank Garansi iB dan Letter of Credit iB yang diterbitkan CIMB Niaga Syariah diterima oleh lebih dari 1.000 bank koresponden internasional.

“Dalam acara ini, kami juga memfasilitasi nasabah untuk berdiskusi langsung dengan praktisi keuangan dan perbankan syariah terkait perkembangan dan prospek bisnis syariah di Indonesia. Sehingga, dapat berguna untuk mendukung kelancaran bisnis mereka,” ujar Pandji.

Di samping mengulas aspek bisnis, customer gathering ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk berbagi kepada masyarakat dengan menyalurkan donasi Dana Kebajikan CIMB Niaga Syariah sebesar Rp95 juta kepada Yayasan Daarut Tauhid Medan. Dana akan digunakan untuk program Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masyarakat (MISKAT) kepada 40 penerima manfaat.

Kinerja Positif

Pada perkembangan lain, upaya CIMB Niaga Syariah mengembangkan beragam produk dan layanan berkontribusi positif terhadap pencapaian kinerja pada sembilan bulan pertama 2018.

Hingga September 2018, total pembiayaan mencapai Rp24,1 triliun, naik sebesar 62,5% year-on-year (YoY). Penyaluran pembiayaan tetap diimbangi dengan asas kehati-hatian yang tercermin dari tingkat rasio pembiayaan bermasalah (non-performing financing/NPF) sebesar 1,07%. Kinerja positif juga tampak dari sisi penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang mencapai Rp22,0 triliun atau naik 30,3% YoY.

Pertumbuhan pada pembiayaan dan penghimpunan DPK tersebut memberikan pengaruh positif kepada kemampuan perusahaan dalam meningkatkan aset. CIMB Niaga Syariah mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 63,7% YoY menjadi Rp31,2 triliun. Adapun, laba sebelum pajak (profit before tax/PBT) tercatat sebesar Rp523,5 miliar, naik 45,2% YoY.

“Kami bersyukur atas pencapaian kinerja tersebut. Terima kasih kepada seluruh nasabah atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan sehingga kami bisa terus tumbuh menjadi salah satu unit usaha syariah terbaik di industri perbankan Syariah Tanah Air,” ujarnya.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya