BPS Perkuat Pengumpulan Data Ekspor Sumsel Antar Daerah

Oleh: Dinda Wulandari 08 November 2018 | 14:38 WIB
BPS Perkuat Pengumpulan Data Ekspor Sumsel Antar Daerah
Aktivitas bongkar muat kontainer/ Rivki Maulana

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Pusat Statistik atau BPS Sumatra Selatan bakal memperkuat pengumpulan data ekspor Sumatra Selatan yang melalui provinsi tetangga mengingat beberapa komoditas tidak tercatat keluar dari pintu Sumsel.

Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih, mengatakan ekspor Sumsel yang tercatat di neraca perdagangan selama ini diambil berdasarkan pelabuhan yang didata Kanwil Bea dan Cukai.

“Ekspor Sumsel 74,93% dilakukan melalui Pelabuhan Boom Baru senilai US$305,75 juta ada juga dari pelabuhan di luar Sumsel  sekitar US$56,82 juta atau 13,92% dari nilai ekspor periode September 2018 yang sebesar US$408,07 juta,” katanya, Kamis (8/11/2018).

Dia mengatakan pihaknya ke depan akan memaparkan lebih detil ekspor Sumsel antardaerah karena seperti komoditas kopi seringkali diekspor melalui provinsi tetangga, yakni Lampung.

Menurut Endang, penghitungan ekspor antardaerah menggunakan metode survey transportasi dan arus barang yang selama ini digunakan BPS.

Adapun provinsi yang diamati pihaknya adalah Lampung, Jambi dan Jakarta.

“Alangkah lebih baiknya jika kami juga dapat berkoordinasi dengan Jembatan Timbang untuk mengetahui komoditas apa saja dan volumenya, namun sayang Jembatan Timbang masih ditutup,” katanya.

Sementara itu BPS juga mencatat komponen net ekspor antardaerah merupakan komponen dengan sumber pertumbuhan tertinggi dalam perekonomian Sumsel Triwulan III/2018 yakni sebesar 3,84%.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya