Pemkot Palembang Kembangkan Aplikasi Subuh Berjemaah

Oleh: Dinda Wulandari 07 November 2018 | 20:19 WIB
Pemkot Palembang Kembangkan Aplikasi Subuh Berjemaah
Rangkaian trainsit Light Rail Transit (LRT) Palembang melintas di samping jembatan ampera, Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (17/10/2018)./Antara-Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang tengah mengembangkan Aplikasi Subuh (Si abuh) yang mendukung program unggulan Wali Kota Harnojoyo yakni sholat subuh berjemaah bagi pejabat di lingkungan pemkot.

Harnojoyo mengatakan melalui aplikasi Si abuh, Harnojoyo ingin program unggulan Sholat Subuh berjamaah dapat lebih berkembang lagi. Sehingga, kegiatan subuh yang dimotori oleh para jajaran pejabat Pemkot Palembang bisa lebih efektif.

"Kami ingin pelaksanaan pemerintahan ini dijalani dengan semangat. Oleh karena itu perlu aktivitas yang lebih pagi lagi, sehingga seluruh pejabat melaksanakan setiap pekerjaannya dimulai dari pagi hari. Dengan begitu, apa yang dikerjakan dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal," terangnya, Rabu (7/11/2018).

Harnojoyo optimistis, melalui program Sholat Subuh berjamaah, ke depan keinginan untuk terus meningkatkan PAD Kota Palembang dapat terwujud.

Harnojoyo mengatakan, ke depan tidak hanya mengembangkan aplikasi subuh ini saja, dimana dalam melaksanakan program subuh berjamaah, harus ada inovasi serta pengembangan agar program tersebut menjadi menarik serta memberikan manfaat di berbagai sektor.

Dimana, melalui aplikasi yang dibuat ini juga, ke depan akan terus dicari metode-metode serta langkah untuk pengembangan program ini. Termasuk akan melibatkan seluruh akademisi.

"Ini akan kita terus kembangkan. Dimana, kita minta 1.800 pejabat ditambah kepala sekolah. Dengan harapan, ini jadi program yang mampu mensejahterakan masyarakat," ulasnya.

Dengan aplikasi tersebut juga, sambung Harnojoyo, maka akan berdampak pada kinerja seluruh OPD, dan tentunya berdampak juga pada pendapatan daerah.

"Sama seperti yang pernah disampaikan orang tua dulu, jika subuh dilaksanakan maka pergi kerja akan lebih pagi dan tentunya kinerja akan lebih fresh. Jika semuanya sudah berjalan lebih awal, maka ekonomi kita juga akan meningkat," katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kota Palembang, Reza Pahlevi menerangkan, aplikasi Si Abuh merupakan aplikasi untuk mengontrol seluruh pejabat untuk bisa hadir pada saat subuh berjamaah setiap hari.

"Jadi dengan aplikasi ini, Wali Kota bisa mengontrol secara langsung mana masjid yang ramai dan yang sepi. Dan ini akan kita launching pada 16 Desember mendatang," katanya.

Lebih lanjut disampaikan Reza, Wali Kota berkeinginan kuat mendorong program Subuh Berjamaah, menjadi dasar pembangunan perekonomian Kota Palembang.

Bahkan, melalui subuh berjamaah yang telah diatur dalam Perwali, ditargetkan mampu memberikan dampak besar pada perekonomian sehingga Palembang mandiri secara ekonomi.

"Wali Kota yakin setelah program ini sukses dilaksanakan, apa yang menjadi target terhadap pembangunan ekonomi dapat terwujud. Bahkan, kedepan Palembang akan jadi kota pertama yang memberikan gaji kepada masyarakatnya," katanya.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya