BCA Medan Run 2018 Targetkan 1.000 Partisipan 

Oleh: Ropesta Sitorus 07 November 2018 | 02:03 WIB
BCA Medan Run 2018 Targetkan 1.000 Partisipan 
Peserta BCA Bali Run 2017 saat bersiap di garis start/bcarun.com

Bisnis.com, MEDAN - PT Bank Central Asia Tbk menggagas lomba lari BCA Medan Run 2018 untuk mengajak masyarakat menjalani gaya hidup sehat. 

Langkah tersebut dilatarbelakangi fenomena maraknya penyakit kardiovaskular yang melibatkan fungsi sistem jantung dan pembuluh darah, seperti jantung koroner, stroke, dan hipertensi. 

Penyakit kardiovaskular yang menghantui para generasi muda hingga kalangan lanjut usia itu timbul akibat pola makan tidak sehat, kebiasaan merokok, kurangnya asupan gizi hingga kurangnya kesadaran untuk berolahraga.

Dalam lombayang akan dilaksanakan di Lapangan Benteng, Medan, 25 November 2018 mendatang, BCA bekerja sama dengan D&DSport sebagai pelaksana teknis lomba lari atau race organizer.

BCA Medan Run 2018 akan melombakan kategori 10K dan 5K yang terbuka untuk umum, baik warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang memiliki kartu izin tinggal. Minimal usia 13 tahun untuk kategori 5K dan 15 tahun untuk kategori 10K.

BCA Medan Run 2018 pun terbuka untuk generasi senior. Peserta berusia 40 tahun akan terdaftar di Kategori Master 5K dan Kategori Master 10K. 

Sebagai wujud apresiasi, lima pelari tercepat dari Kategori 5K dan 10K, serta tiga pelari tercepat dari Kategori Master 5K dan Master 10K masing-masing berhak mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah.

"Melalui kesempatan ini, kami mengajak seluruh masyarakat Medan dan sekitarnya, serta masyarakat dari kota-kota lainnya untuk hadir memeriahkan BCA Medan Run 2018. Di gelaran ini, kami menargetkan lebih dari 1.000 orang dapat berpartisipasi. Selain sebagai event olahraga, BCA Medan Run 2018 juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang bersosialisasi dengan keluarga tercinta, teman, hingga sesama pecinta lari," kata Rudy Susanto, Direktur BCA, Selasa (6/11/2018).

Olahraga lari memang merupakan aktivitas fisik yang memiliki segudang manfaat bagi jiwa dan raga. Terlebih, olahraga lari adalah salah satu upaya dalam mencegah serangan penyakit kardiovaskular. 

Berdasar data World Health Organization (WHO) penyakit kardiovaskular merenggut 17,9 juta nyawa tiap tahunnya alias 31% dari total kematian di seluruh dunia.

Oleh sebab itu, kata Rudy, BCA senantiasa gencar membangkitkan semangat beraktivitas fisik sebagai pemeliharaan kesehatan jasmani dan rohani agar hidup tetap sehat bugar sepanjang hari, serta terhindar dari penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, osteoporosis, kanker, hipertensi, diabetes, dan sebagainya. 

"Sembari menghirup udara pagi yang masih segar dan belum tercemar polusi, berlari merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tak hanya menyehatkan tubuh, berlari dapat merelaksasi pikiran dan melepaskan penat. Kami harap BCA Medan Run 2018 dapat menjadi pemantik gairah masyarakat untuk mulai menekuni olahraga lari," kata Rudy.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya