OJK: Tingkat Literasi Keuangan di Sumut 29%

Oleh: Ropesta Sitorus 03 November 2018 | 00:13 WIB

Bisnis.com, MEDAN – Tingkat literasi dan inklusi keuangan di Sumatera Utara diyakini akan mampu mencapai target yang dibidik pemerintah pada 2019.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara Lukdir Gultom menyebutkan pada 2019 tingkat literasi keuangan diharapkan mencapai  36% dengan inklusi keuangan di level 75%.

“Saat ini di Sumut inklusi keuangan sudah lebih dari 75%, sedangkan tingkat literasi kalau tidak salah di level 29% menurut survei terakhir pada 2016. Masih kurang sekitar 6% lagi,” kata Lukdir saat ditemui di sela-sela Media Gathering yang gelar OJK Regional 5 Sumbagut di Pematangsiantar, Sumatera Utara, Jumat (2/11/2018).

Meski belum melakukan survei, Lukdir optimistis tingkat literasi keuangan di Sumut semakin meningkat. Hal itu sejalan dengan upaya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan OJK dengan menggandeng industri jasa keuangan ke berbagai daerah di Sumut.

“Survei akan dilakukan tahun depan, mudah-mudahan ada peningkatan selama tiga tahun, kita berasumsi dengan rutin melakukan sosialisasi, peningkatan literasi per tahun bisa 2%. Saya rasa bisa tercapai 36% di Sumut pada 2019,” tambahnya.

Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara pada 2018 yakni berupa media gathering gelombang II yang bertajuk “Peran Literasi Media Partner OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara” yang dilakukan di Kota Pematangsiantar selama dua hari pada Kamis-Jumat (1-2/11/2018).

Adapun rangkaian kegiatan mencakup dua bagian utama, yakni edukasi ke Pondok Pesanten Al Barokah di Kabupaten Simalungun yang melibatkan para wartawan media cetak, online dan radio sebagai pembicara dalam mini talkshow dan workshop.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait informasi ekonomi dan peluang inklusi di Kabupaten Simalungun, serta informasi produk keuangan dalam rangka mitigasi risiko bencana.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya