Usung Xpander di Sumut, Mitsubishi Berambisi jadi Market Leader

Oleh: Ropesta Sitorus 31 Oktober 2018 | 19:05 WIB
Usung Xpander di Sumut, Mitsubishi Berambisi jadi Market Leader
Diler baru Mitsubishi. /Mitsubishi

Bisnis.com, MEDAN – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitshubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia, semakin agresif membawa Xpander menjadi pemimpin pasar di segmen small MPV.

Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group MMKSI menyatakan produk tersebut telah mampu diterima dengan baik oleh konsumen sejak mulai diperkenalkan pada tahun lalu.

“Xpander mulai diperkenalkan di Indonesia pertama kali dalam GIIAS 2017 dan sudah ada 78.000 unit yang diberikan ke konsumen dan kurang lebih 103.000 unit yang masih indent. Saat ini, marget share nasional pada Januari –September 2018 sudah mencapai 29,1%, kami berharap bisa mempercepat outstanding sehingga market share bisa naik,” katanya.

Hal itu dikatakan Imam di sela-sela pembukaan ajang pameran otomotif “Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Medan 2018” di Santika Dyandra Convention Center, Medan, Rabu (31/10/2018). Pameran tersebut akan berlangsung sampai 4 November mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Ilham Iranda Syahputra, Department Head Sales & Marketing Region 3 MMKSI, menuturkan pasar Sumut masih menjanjikan dalam beberapa waktu ke depan.

“Alhamdullilah, penjualan Xpander di Sumut  terus meningkat dengan rata-rata 380-400 unit per bulan.  Sampai Agustus kami sudah mencapai target di level 29%, memang masih sedikit di bawah pesaing tapi kalau yang indent dapat terpenuhi sampai akhir tahun, kami yakin bisa menjadi market leader,” paparnya.

Dia menuturkan segmen pasar yang dibidik perseroan untuk area Sumatera Utara mayoritas dari kalangan pengusaha serta karyawan, yang membeli mobil pertamanya maupun mobil tambahan.

Guna mendongkrak transaksi penjualan, Mitsubishi menawarkan aneka promo untuk memacu transaksi penjualan mobil selama GIIAS Medan 2018.

Beberapa di antaranya yakni voucher belanja, gratis biaya jasa hingga 50.000 km atau sekitar 4 tahun, gratis kaca film Konica Minolta, paket smart untuk biaya jasa dan suku cadang hingga 3 tahun, gratis asuransi, hingga berbagai hadiah langsung.

“Kami menargetkan transaksi selama GIIAS ini bisa mencapai 230 unit overall sepanjang masa pameran,” tuturnya.

Menurut Ilham, strategi pameran masih merupakan cara yang jitu dalam memacu penjualan. Hal itu terbukti dalam pameran yang dilakukan pihaknya pada akhir September lalu di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Medan.

Realisasi total penjualan dalam pameran tersebut mencapai 224 unit, melebihi target awal 200 unit. Adapun, jumlah unit paling laris didominasi Xpander dari berbagai varian, diikuti Pajero Sport, serta Outlander Sport.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya