Pasokan Melimpah, Harga Cabai Merah di Aceh Menukik

Oleh: Newswire 31 Oktober 2018 | 08:52 WIB
Pasokan Melimpah, Harga Cabai Merah di Aceh Menukik
PIlustrasi pedagang cabai./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, LHOKSEUMAWE – Pasokan cabai merah dari sejumlah daerah sentra pertanian di Aceh yang melimpah membuat harga komoditas bumbu dapur tersebut menukik.

"Saat ini banyak pasokan cabai merah dari berbagai daerah sekitar, sehingga harganya juga turun drastis dari biasanya," ucap Agustina, pedagang cabai merah di Pasar Inpres Lhokseumawe, Selasa (30/10/2018).

Dia menjelaskan sebelumnya harga cabai merah Rp38.000 per kg. Akan tetapi, dalam 3 hari harganya terus miring hingga berada pada posisi Rp32.000 per kg. Pedagang pun terpaksa menyesuaikan dengan membanjirnya pasokan.

Seperti dikatakan pedagang lagi, pasokan cabai merah saat ini untuk pasar grosir dan sejumlah pasar tradisional di Kota Lhokseumawe, banyak didatangkan dari Kabupaten Pidie dan dari sejumlah daerah lain di Aceh, tetapi jumlahnya terbatas. Sedangkan sebelumnya, untuk cabai merah yang dipasarkan di Lhokseumawe, didatangkan dari Sumatra Utara.

“Sekarang cabai merah dari Medan (Sumut) sudah sekitar 2 bulan berkurangnya pasokan, karena produksi cabai merah lokal juga sedang banyak. Biasanya banyak cabai merah asal Medan yang dijual pedagang,” tutur Agustina.

Sebelumnya pada Agustus, berdasarkan data pantauan, harga cabai merah juga sempat anjlok menjadi Rp18.000 per kg, karena banyaknya pasokan dari daerah-daerah sentra pertanian cabai merah.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya