Bukalapak Gandeng ITB Bangun Pusat Pengembangan AI

N. Nuriman Jayabuana
Sabtu, 27 Oktober 2018 | 06:23 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kiri) menyimak paparan yang disampaikan oleh Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky (kanan) dalam sebuah diskusi di Ideafest 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (26/10)./Bisnis-N. Nuriman Jayabuana
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kiri) menyimak paparan yang disampaikan oleh Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky (kanan) dalam sebuah diskusi di Ideafest 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (26/10)./Bisnis-N. Nuriman Jayabuana
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bukalapak bermitra dengan Institut Teknologi Bandung untuk menghadirkan fasilitas pusat penelitian kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) perdana di Indonesia.

Pendiri sekaligus CEO Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan fasilitas tersebut akan diluncurkan pada November 2018 untuk melahirkan lebih banyak ahli kecerdasan buatan di dalam negeri.

"Engineer AI memang terasa sekali masih kurang sekali di sini. Itu mengapa kami mendirikan research center pertama untuk AI," ujarnya di sela-sela perhelatan "Ideafest 2018", di Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Zaky mengungkapkan ketersediaan ahli kecerdasan buatan asal Indonesia masih sangat terbatas. Sebagian besar tenaga ahli kecerdasan buatan yang tersedia lebih banyak memilih berkarir di perusahaan teknologi global.

Hal tersebut membuat keahlian talenta bidang AI yang tersedia semakin senjang. Fasilitas pusat penelitian kecerdasan buatan Bukalapak akan memungkinkan talenta lokal untuk mengembangkan kapasitasnya di dalam negeri.

Fasilitas tersebut merupakan bagian dari komitmen Bukalapak untuk mendirikan pusat riset di berbagai daerah untuk mendesentralisasi pusat pengembangan teknologinya. Bukalapak turut berencana membangun fasilitas riset dan pengembangan di Medan, Jogja, dan Surabaya untuk menyerap talenta software engineer terbaik dari berbagai daerah.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menerangkan pemerintah menggulirkan program pengembangan talenta digital dengan merangkul beragam raksasa teknologi global seperti Microsoft, Cisco, dan Google.

Program tersebut digulirkan secara khusus untuk menyediakan talenta lokal yang sesuai dengan kebutuhan ekosistem digital di dalam negeri.

Peserta program tersebut merupakan lulusan seribu SMK dan S1 yang berusia di bawah 29 tahun. Mereka akan memperoleh pendidikan di berbagai perguruan tinggi dalam negeri.

Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca menyatakan ekosistem di dalam negeri memungkinkan lebih banyak terlahir perusahaan teknologi bervaluasi miliaran dolar.

Dengan penetrasi internet yang mencapai separuh populasi, perusahaan teknologi dapat meningkatkan skala bisnisnya dengan begitu pesat hanya dalam beberapa tahun. Hal tersebut membuat investor institusi selalu menempatkan Indonesia sebagai pasar yang potensial.

"Investor tak mungkin melewatkan Indonesia di dalam daftarnya. Apa yang mereka lihat terutama produk teknologi consumer baru yang memiliki local wisdom di sini," ucapnya.

Indonesia kini merupakan markas bagi empat perusahaan rintisan bervaluasi di atas US$1 miliar, yaitu Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Rudiantara memprediksi unicorn selanjutnya berasal dari bidang teknologi pendidikan, kesehatan, maupun finansial.

"Meski traction dari financial technology (fintech) itu sangat tinggi, tapi kalau dilihat Gross Merchandise Value (GMV/total transaksi) fintech sepanjang tahun ini ternyata tidak sesuai ekspektasi banyak orang. Kalau boleh memilih, saya berharap unicorn berikutnya berasal dari bidang pendidikan atau kesehatan," tuturnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper