HUT Ke-8, Go-JEK Gelar Kopdar Akbar Serentak di 67 Kota

Oleh: Ropesta Sitorus 27 Oktober 2018 | 19:53 WIB
HUT Ke-8, Go-JEK Gelar Kopdar Akbar Serentak di 67 Kota
Ilustrasi: Mitra pengemudi Go-Jek menunggu acara konferensi pers program #CariPahala di Jakarta, Senin (21/5/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, MEDAN - Memasuki usia yang ke delapan, GO-JEK kembali mengukuhkan komitmen sebagai perusahaan teknologi yang fokus pada pemberdayaan sektor informal.

Hal itu ditandai dengan penyelenggaraan Kopdar Akbar Nusantara bertajuk Festival Mitra.

Sebelumnya GO-JEK rutin melaksanakan program Kopdar, yang dirancang khusus sebagai wadah dialog bagi mitra dan perusahaan. Festival Mitra melibatkan lebih dari 3.000 komunitas mitra driver dan keluarga se-Nusantara.

Vice President Corporte Affairs GO-JEK Michael Say mengatakan mitra merupakan jantung perusahaan.

“Mitra memegang peranan penting dalam ekosistem GO-JEK. Kesuksesan yang diraih GO-JEK selama delapan tahun ini tidak lepas dari dukungan para mitra yang senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna setia,” ujarnya, Sabtu (27/10/2018).

Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia awal 2018 lalu menunjukkan bahwa 90% mitra driver merasa kualitas hidupnya lebih baik setelah bergabung bersama GO-JEK.

“Ini yang memacu semangat kami untuk terus mengupayakan berbagai cara demi meningkatkan kesejahteraan mitra,” ujarnya.

Dia mengatakan GO-JEK melakukan banyak inovasi dalam pengembangan aplikasi untuk mitra. Aplikasi dimaksud antara lain:

  • fitur chat agar menekan biaya operasional
  • shuffle card  untuk menyajikan informasi penting
  • daily income summary agar mitra memiliki pembukuan keuangan harian

GO-JEK juga merancang program khusus mitra seperti Kopdar dan GO-JEK SWADAYA.

“Di acara Kopdar inilah kami mendengarkan aspirasi mitra driver dan berdialog bersama. Termasuk dalam merancang program GO-JEK SWADAYA yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mitra. Yang membanggakan, lebih dari 250.000 mitra driver dan keluarganya sekarang telah terlindungi asuransi dan lebih dari 400 mitra sudah memiliki rumah idaman melalui KPR BTN,” tuturnya.

Melanjutkan semangat yang tumbuh lewat Kopdar, Festival Mitra digelar dalam rangkaian syukuran hari jadi GO-JEK.

“Dalam festival yang digelar serentak di 67 daerah ini kami melibatkan komunitas mitra driver untuk menjadi panitia. Nantinya mereka akan merancang kegiatan yang disesuaikan dengan aspirasi mitra di tiap kota,” tutur VP Drivers Community GO-JEK Jaka Wiradisuria.

Di Festival Mitra, beberapa apresiasi juga diberikan kepada mitra GO-JEK yang dipilih berdasarkan dampak positif yang mereka berikan bagi perkembangan ekosistem GO-JEK. Apresiasi yang diberikan termasuk: Driver Unggulan, Driver Legend, dan Driver Jempolan.

GO-JEK juga melaksanakan tabligh akbar sebagai bentuk terima kasih dan memberikan hibah Alquran sebanyak 800 eksemplar ke Masjid Istiqlal dan 88 eksemplar ke pesantren PPTQ Nurul Iman yang merupakan miliki salah satu mitra GO-JEK.

Khusus di kota Medan, Festival Mitra yang berlangsung di Taman Sri Deli dihadiri lebih dari 500 mitra dari 155 Komunitas.

Dalam Festival Mitra ini sejumlah booth dari produk program Swadaya turut hadir. Aneka booth mulai dari service motor dengan potongan harga menarik, pendaftaran BPJS Kesehatan dan Tenaga Kerja, hingga fasilitas tabungan umrah.

Dalam kesempatan itu Gojek juga mengumumkan pemenang kategori Driver Unggulan yaitu mitra pengemudi yang memiliki rating dan performa tinggi yang dimenangkan Hendry Rusmaidi (Go-Ride) dan Muctamar Afdal (Go-Car).

Adapun, kategori Driver Legend yaitu mitra pengemudi yang memiliki rating yang baik dan telah bergabung bersama GO-JEK sejak awal berdirinya di kota Medan yakni Hadi Subakti (Go-Ride).

Untuk kategori Driver Jempolan untuk mitra pengemudi yang memiliki rating baik dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya dimenangkan Samiati, Mahyudin, Syawaludin Marpaung.

 

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya