Bulog Sumut Estimasi Kebutuhan Daging Akhir 2018 Mencapai 186 Ton

Oleh: Ropesta Sitorus 26 Oktober 2018 | 15:11 WIB
Bulog Sumut Estimasi Kebutuhan Daging Akhir 2018 Mencapai 186 Ton
Ilustrasi/Reuters-Maxim Zmeyev

Bisnis.com, MEDAN – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divre I Sumatra Utara akan meminta tambahan kuota daging guna mengantisipasi peningkatan permintaan daging pada momen Natal dan Tahun Baru.

Hal itu disampaikan Kepala Bulog Divre I Sumut Benhur Ngkaimi ketika menjawab pertanyaan media di kantornya di Medan, Jumat (26/10/2018).

Benhur mengestimasi total permintaan daging pada momen hari besar tersebut hampir sama dengan kebutuhan pada momen Hari Raya beberapa waktu lalu, yakni sekitar 168 ton atau sekitar 6 kontainer berkapasitas 28 ton.

“Estimasi Natal dan Tahun Baru kami estimasi sekitar 4 kontainer, di luar kebutuhan bulanan sekitar 2 kontainer. Jadi untuk Desember nanti kami akan minta sekitar 6 kontainer,” katanya.

Sementara itu, untuk kebutuhan daging masyarakat di Sumut selama Oktober, Benhur menyebutkan pihaknya telah mendatangkan 2 kontainer atau sekitar 56 ton daging kerbau beku India.

Daging tersebut akan didistribusikan dengan harga sekitar Rp65.000 – Rp70.000 ke pedagang dan harga eceran tertinggi ke konsumen sekitar Rp80.000.

Selain komoditas daging, Bulog juga mengantisipasi kebutuhan bahan pangan pokok lainnya yang diperkirakan meningkat pada momen Natal dan Tahun Baru, seperti beras, gula, hingga komoditas cabai.

Terkait harga, Benhur menyampaikan saat ini masih terpantau stabil. Dia menjelaskan Bulog akan rutin melakukan operasi pasar untuk stabilitasi harga bahan pangan pokok.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya