Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina MOR I Salurkan 1.471 Konverter Kit bagi Nelayan Kepri & Sumut

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I mendistribusikan sebanyak 1.471 paket konverter kit kepada kapal perikanan bagi nelayan kecil di Provinsi Kepulauan Riau dan Sumatera Utara.
Seorang nelayan berjalan di antara perahu yang berlabuh di Dermaga/Bisnis-Lukman Gusmanto
Seorang nelayan berjalan di antara perahu yang berlabuh di Dermaga/Bisnis-Lukman Gusmanto

Bisnis.com, MEDAN – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I mendistribusikan sebanyak 1.471 paket konverter kit kepada kapal perikanan bagi nelayan kecil di Provinsi Kepulauan Riau dan Sumatera Utara.

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto mengatakan distribusi paket perdana LPG 3 KG tersebut merupakan bagian dari penugasan pemerintah kepada Pertamina dalam rangka konversi BBM ke bahan bakar gas bagi nelayan. 

Peralihan dari bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas para nelayan diharapkan menghemat biaya bahan bakar untuk melaut.

“Sesuai instruksi pemerintah, Pertamina telah melaksanakan pembagian paket konverter kit kepada para nelayan secara bertahap sejak bulan Oktober tahun 2017,” kata Rudi, Rabu (24/10/2018).

Dia menambahkan alokasi konverter kit bagi nelayan di Sumatera Utara mencapai 1.042 paket. Jumlah itu tersebar di Kab. Labuhan Batu 197 paket, Kab. Tapanuli Tengah 420 paket, Kab. Labuhan Batu Utara 59 paket, Kab. Mandailing Natal 315 paket, dan Kab. Samosir 51 paket.

Adapun, alokasi untuk Provinsi Kepuluan Riau sebanyak 429 paket yang dibagikan ke beberapa pelabuhan rakyat di Batam, tepatnya di Tanjung Riau, Pandan Bahari, Tanjung Piayu, dan Gundap.

Rudi menjelaskan, kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

“Paket yang diperuntukan bagi nelayan kecil di Kepulauan Riau dan Sumatera Utara terdiri dari regulator untuk tekanan tinggi pada tabung LPG, regulator untuk tekanan rendah untuk tabung LPG, selang karet untuk mesin, tabung LPG 3 KG, serta konverter kit BBM ke BBG dan mesin kapal,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper