Pemkot Segera Luncurkan Aplikasi Hallo Palembang

Oleh: Dinda Wulandari 24 Oktober 2018 | 19:00 WIB
Pemkot Segera Luncurkan Aplikasi Hallo Palembang
Jembatan Ampera, Palembang/Samdysara Saragih-Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kota Palembang segera meluncurkan  aplikasi Hallo Palembang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di kota itu.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan pihaknya sudah menempuh beberapa tahapan untuk menghadirkan layanan tersebut.

"Hallo Palembang itu adalah bagian dari masterplan smart city untuk mewujudkan Palembang menjadi kota pintar," katanya, Rabu (24/10/2018).

Menurut dia, aplikasi itu nantinya dapat membuat Pemkot Palembang khususnya dalam bidang pelayanan, dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, melalui sistem aplikasi.

"Jadi aplikasi ini nanti diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai informasi, baik oleh masyarakat Palembang maupun luar Kota Palembang," ujarnya.

Saat ini, secara bertahap aplikasi akan terkoneksi dengan berbagai pelayanan, seperti pengurusan perizinan dan layanan informasi di berbagai bidang.

"Dengan aplikasi Hallo Palembang ini nantinya, kita harap para investor dapat lebih mudah mencari informasi tentang peluang investasi di Palembang. Semua informasi berkaitan dengan SOP dan lamanya pelayanan publik diharapkan ada pada aplikasi ini," harapnya.

Harnojoyo menerangkan, rencananya Dinas Kominfo Kota Palembang berencana meluncurkan aplikasi ini pada 22 November 2018. Oleh karena itu walikota menginstruksikan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk berkoordinasi dalan mengoptimalkan aplikasi tersebut.

"Aplikasi itu akan sia-sia bila tanpa dukungan seluruh OPD. Hallo Palembang harus mampu menyajikan seluruh informasi yang diperlukan masyarakat tentang Kota Palembang," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang Yanurpan Yany mengatakan selain aplikasi Hallo Palembang pihaknya juga memiliki program lain yaitu Restorasi Sungai Sekanak, dan Palembang Tourism Guide.

Menurut Yany, ketiga program jangka pendek itu merupakan perwujudan 6 dimensi smart city yaitu smart living, smary economy, smart people, smart govetnance, smart mobility, dan smart environment.

Khusus untuk Hallo Palembang, dia menjelaskan,aplikasi itu merupakan pusat informasi Kota Palembang yang ditujukan untuk menyempurnakan pelayanan publik serta memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan informasi terkait pelayanan Pemerintah Kota Palembang. 

"Aplikasi ini diharapkan menjadi sinkronisasi dari seluruh aplikasi pelayanan yang dilaksanakan OPD Kota Palembang," ujarnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya