Jakabaring Sport City Kembangkan Wahana Wisata Olahraga Air

PT Jakabaring Sport City atau JSC, pengelola Kawasan JSC Jakabaring, bakal membuka wahana watersport atau olahraga air di venue danau yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Palembang.
Jakabaring Sport City
Jakabaring Sport City

Bisnis.com, PALEMBANG -- PT Jakabaring Sport City atau JSC, pengelola Kawasan JSC Jakabaring, bakal membuka wahana watersport atau olahraga air di venue danau  yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Palembang.

Direktur Utama PT JSC Meina Fatriani Paloh mengatakan pihaknya mengendus peluang bisnis dari venue tersebut sehingga bisa mempertahankan eksistensi JSC selain sebagai kompleks olahraga terpadu.

"Danau JSC sudah terkenal dunia sebagai venue olahraga air (watersport) sehingga ini dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis," katanya, Senin (22/10/2018).

Menurut dia, untuk mendukung rencana tersebut pihaknya bakal menambah sarana olahraga air, salah satunya jetski.

Saat ini, kata Meina, perusahaan telah memiliki dua unit jetski. Pihaknya telah mengajukan bantuan ke Pemkot Palembang yang memiliki tiga unit jetski.

Dia mengatakan telah mengundang Walikota Palembang Harnojoyo untuk mencoba permainan jetski di danau JSC.

"Wali kota sangat mendukung karena memiliki visi mengenai wisata olahraga di Palembang," kata dia.

Selain jetski, dia mengatakan juga akan diadakan permainan banana boat. 

"Jadi semuanya masih dikaji. Apabila semua sudah siap, maka akan dibuka untuk umum," katanya.

Meina menilai kompleks JSC memiliki potensi besar di bidang wisata. 

Bahkan, dalam pembicaraan dengan Pemkot Palembang, perusahaan BUMD itu telah memperlihatkan rencana pembuatan floating market di kanal JSC.

"Nantinya di atas kanal itu disediakan tempat kuliner sehingga pengunjung bisa menyantap makanan juga," katanya.

Namun demikian, kata Meina, untuk menjadikan JSC sebagai lokasi wisata diperlukan upaya keras, salah satunya terkait pendanaan. Sehingga pihaknya pun membuka pintu bagi investor yang tertarik untuk menggarap peluang bisnis di sektor pariwisata tersebut.

"Kami butuh investor dan dukungan pemerintah mulai dari Pemkot Palembang, Pemprov Sumsel, hingga Pemerintah pusat," ujar Meina.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, mengatakan pihaknya bakal mendukung rencana PT JSC untuk membuat wahana water sport.

"Mereka [PT JSC] minta ajak pelaku usaha kuliner untuk meramaikan kawasan itu dan kami sudah sampaikan ke pelaku usaha," katanya.

Isnaini melanjutkan pihaknya berharap pengelola juga dapat mempertimbangkan kemampuan pelaku usaha kuliner yang mayoritas UMKM dengan memberikan keringanan untuk biaya sewa tempat di sekitar spot wisata JSC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper