Gubernur Sumut Minta Perbankan Pacu Kredit Pertanian

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap industri perbankan fokus meningkatkan kredit sektor pertanian..
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi (kiri) bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018)./ANTARA-Puspa Perwitasari
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi (kiri) bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018)./ANTARA-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, MEDAN – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap industri perbankan fokus meningkatkan kredit sektor pertanian..

Hal ini diungkapkan Gubernur Edy Rahmayadi usai membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumatera Utara 2018, di Gedung Pancasila Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu (20/10/2018).

“Sesuai dengan visi kita, salah satunya adalah Sumatera Utara yang agraris. Memang, di situlah potensi wilayah Sumatera Utara. Membantu pertumbuhan sektor agraris artinya juga akan membangun desa dan kualitas hidup orang-orang yang hidup di wilayah pedesaan,” ucapnya.

Kepada pihak perbankan, Edy berharap agar senantiasa menjalin komunikasi dan kordinasi dengan pemerintah Provinsi Sumut terutama hal-hal yang berkaitan dengan mempercepat pertumbuhan ekonomi Sumut. 

“Komunikasi dua arah, apa yang bisa saya dukung untuk perbankan, dan apa yang bisa dilakukan perbankan untuk Sumut,” katanya.

Selain itu, Edy juga mendorong agar masyarakat Sumut lebih meningkatkan aktivitas konsumsi dan belanja di Sumut yang diharapkan berdampak terhadap perputaran uang maupun roda ekonomi. “Hindari berbelanja ke luar negeri," katanya,

Dia juga mengapresiasi pelaksanaan Porseni BMPD SU 2018. Menurutnya, kegiatan seperti ini memberi banyak manfaat untuk para pekerja perbankan. Selain menyegarkan pikiran, kata Edy, juga membangun rasa kebersamaan dan kekompakan antar sesama perbankan.

Direktur Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumut Hilman Tisnawan sepakat dengan anjuran Gubernur Edy untuk banyak melakukan aktivitas belanja dan konsumsi di Sumut.

“Untuk memudahkan aktivitas transaksi termasuk belanja dan konsumsi, BI telah meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Pemersatu semua proses transaksi antar bank di dalam negeri. Prinsipnya sama seperti kartu internasional berlogo Visa atau MasterCard, GPN khusus transaksi dalam negeri,” katanya.

Sementara itu, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut sekaligus Ketua Pelaksana Porseni BMPD SU 2018 Tengku Mahmud Jeffry melaporkan bahwa acara Porseni BMPD SU diikuti oleh 27 Bank di Sumut dan 908 atlet pegawai.

Untuk cabang olahraga (cabor) yang dilombakan ada tujuh, di antaranya tenis meja, badminton, futsal, sepak bola, tenis lapangan, golf, dan menghitung uang. Cabang seni ada dua yakni tari dan duet dangdut. 

“Ini pertama kalinya acara Porseni kita dibuka langsung oleh Gubernur. Untuk itu, kepada Bapak Edy Rahmayadi kami ucapkan terima kasih. Sesuai dengan tema Porseni, yaitu Dengan Sportivitas dan Kebersamaan Ciptakan Prestasi Kerja. Kami berharap acara ini memberi semangat baru bagi seluruh pekerja perbankan untuk berkarya dan berprestasi,” katanya.

Pembukaan Porseni BMPD SU 2018 dimulai dengan melakukan jalan santai bersama mengelilingi komplek USU. Diiringi dengan marching band, Gubernur Edy, pengurus BMPD, dan jajaran pimpinan perbankan di Sumut berbaur dan jalan santai yang dilanjutkan dengan senam aerobik zumba.

Meski dibuka tanggal 20, namun acara lomba telah berlangsung sejak tanggal 13 Oktober dan akan berakhir pada tanggal 28 Oktober 2018.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Regional V Sumatera Bagian Utara Mulyanto, pimpinan perbankan Sumut, karyawan perbankan, panitia dan pengurus BMPD Sumut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper