Wagub Sumut Hadiri Pekan Inovasi Desa 2018 di Bali

Oleh: Ropesta Sitorus 20 Oktober 2018 | 01:58 WIB
Wagub Sumut Hadiri Pekan Inovasi Desa 2018 di Bali
Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Sandjojo meninjau pelebaran jalan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Selasa (26/6/2018). /Kemendes

Bisnis.com, MEDAN -  Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah menghadiri Pembukaan Temu Karya Nasional (TKN), Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX, dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDeskel) Tahun 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jumat (19/10/2018). 

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 22 Oktober 2018 tersebut dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Kota Tebingtinggi merupakan salah satu daerah di Sumut yang terpilih finalis lomba TTG Tingkat Nasional tersebut. Adapun, pemenang lomba akan diumumkan pada Sabtu, 20 Oktober 2018 di Kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Musa Rajekshah yang hadir bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah mengatakan pelaksanaan TKN, TTG, dan PINDeskel 2018 dapat memberi inspirasi kepada masyarakat untuk terus mengembangkan inovasi yang juga berguna dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bagus, selain mendorong pengembangan teknologi tepat guna, juga dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk terus berinovasi menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah bagi masyarakat,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (19/8/2018).

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan kekuatan Indonesia memang terletak pada perbedaan yang besar. 

“Perbedaan warna warni itu kelihatan dalam tarian yang kita lihat barusan. Kalau kekuatan ini bisa kita satukan kita akan memiliki kekuatan yang besar,” katanya

Jokowi berharap agar pembangunan bangsa dimulai dari desa. Menurutnya pembangunan di desa harus menggunakan bahan dari desa tersebut. Dengan menggunakan teknologi tepat guna dan aplikasi sistem yang semakin terjangkau, desa bisa dipasarkan berkat itu. “Saya lihat banyak desa berhasil mengangkat desanya menjadi tempat wisata baru dengan income tidak sedikit,” kata Jokowi.

Kegiatan ini sendiri merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT. Tujuan kegiatan ini untuk mencari kreator dan inovator di daerah dalam pengembangan teknologi.

Temu karya nasional bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan administrasi pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa kelurahan. Selain itu juga temu karya merupakan sarana alih informasi tentang keberhasilan dan inovasi dalam membangun desa kelurahan antar berbagai pemangku kepentingan.

Sementara itu, kegiatan Gelar TTG bertujuan untuk mengenalkan berbagai jenis teknologi tepat guna dan produksinya kepada masyarakat. Acara pembukaan ditandai dengan pementasan kolosal bertajuk “Bhinneka Tunggal Ika Maha Sakti” persembahan sanggar Mario Bros dari Kabupaten Badung.

Editor: Fajar Sidik

Berita Terkini Lainnya