Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pemberantasan Kemiskinan Diperingati, Jangan Buang Makanan!

Pada 17 Oktober ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatinya sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan, yang dimaksudkan untuk kembali mengingatkan pentingnya tidak membuang makanan dan memastikan 2030 dunia bebas kemiskinan.
Warga beraktivitas di kawasan permukiman padat penduduk, di bantaran Kali Krukut Bawah, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (20/7/2018)./ANTARA-Aprillio Akbar
Warga beraktivitas di kawasan permukiman padat penduduk, di bantaran Kali Krukut Bawah, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (20/7/2018)./ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Pada 17 Oktober ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatinya sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan, yang dimaksudkan untuk kembali mengingatkan pentingnya tidak membuang makanan dan memastikan 2030 dunia bebas kemiskinan.

Dilansir dari Instagram United Nations @unitednations yang hari ini mengunggah gambar dua orang perempuan asal Nigeria yang sedang mengambil air. Dalam unggahan tersebut tertulis, 1 dari 9 orang masih hidup dalam kemiskinan yang ekstrem dan di daerah rural.

Perempuan juga menjadi salah satu yang paling terdampak atas kemiskinan karena harus berproduksi dan melakukan inovasi seperti laki-laki, namun tidak ada aset penunjang berupa lahan pertanian hingga soal akses ke pasar pertanian.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres menegaskan bahwa semua anggota komunitas global di dunia harus ingat bahwa menyelesaikan permasalahan kemiskinan bukan hanya soal membagikan sedekah, tetapi tentang bagaimana mempertanyakan keadilan.

“Ada hubungan paling dasar antara pemberantakan kemiskinan yang ekstrem dengan menjamin hak setiap orang secara adil,” kata Antonio, Rabu (17/10/2018).

Antonio menyebut sejak diresmikan pada 25 tahun lalu, satu juta orang lebih telah terbebas dari kemiskinan berkat kebijakan politik, pengembangan ekonomi yang inklusif, dan kerja sama internasional.

Meski begitu masih ada sekitar 700 juta orang di dunia belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Antonio pun mengajak segenap anggota komunitas global memberantas kemiskinan pada 2030.

Ada pun tema Hari Pemberantasan Kemiskinan hari ini adalah menciptakan iklim yang inklusif dan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Terutama menyelesaikan permaslahan kemiskinan yang disebabkan oleh banyak kekerasan terhadap kemanusiaan.

“Melalui Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional ini mari berkomitmen pada 2030 agenda kita tidak ada lagi yang kelaparan,” terang Antonio.

Melalui Instastories PBB, pada 16 Oktober 2018 lalu diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Akun PBB mengunggah gambar makanan yang terbuang-buang.

Pasalnya, dengan sepertiga makanan per hari menjadi sampah, sementara 1 diantara 9 orang di dunia kelaparan. PBB mengimbau masyarakat global untuk mencari restoran yang tidak membuang-buang sisa makanan, tetapi dipastikan bisa melakukan daur ulang.

“Perlu ada edukasi terhadap pelaku usaha makanan untuk mengenal mekanisme daur ulang makanan dan meminimalisasi sampah,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper