Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumut–Singapura Perkuat Kerja Sama Pendidikan

Pemerintah provinsi Sumatera Utara memperkuat kerja sama dengan pemerintah Singapura khususnya sektor pendidikan serta membuka peluang kerja sama di beberapa bidang lainnya.
Ilustrasi pendidikan vokasi./Istimewa
Ilustrasi pendidikan vokasi./Istimewa

Bisnis.com, MEDAN – Pemerintah provinsi Sumatera Utara memperkuat kerja sama dengan pemerintah Singapura khususnya sektor pendidikan serta membuka peluang kerja sama di beberapa bidang lainnya.

Hal itu terungkap dari pertemuan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dengan delegasi pemerintah Singapura di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Selasa (16/10/2018).

Pada pertemuan ini, kedua pihak membahas program-program yang dapat diimplementasikan untuk kerja sama, terutama mengenai pendidikan serta bidang kepemudaan dan budaya. 

Musa Rajekshah menyampaikan beberapa fokus program pemerintah Provinsi Sumut antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia lewat penyaluran beasiswa di perguruan tinggi.

Mahasiswa yang menerima beasiswa diharapkan bisa kembali ke Sumut dan berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Sektor lainnya yang menjadi fokus perhatian pemerintah yakni bidang pariwisata, khususnya yang berkaitan dengan destinasi Danau Toba dan destinasi wisata lainnya di Sumut.

“Sumut merupakan daerah yang memiliki banyak potensi wisata dan kami ingin tingkatkan hal-hal yang berkaitan dengan itu,” kata Ijeck, sapaan akrabnya.

Selain itu, dia juga menyebutkan program unggulan lain yakni peningkatan lapangan kerja, layanan kesehatan yang menjangkau desa hingga kota, menjadikan Sumut provinsi agraris, serta penambahan infrastruktur.

“Harapannya, pertemuan ini dapat meningkatkan kerja sama serta saling memberi masukan dan kebutuhan antara Pemprov Sumut dan Singapura. Kami juga berbagi program yang dapat diintegrasikan dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah Singapura,” katanya.

Permanent Secretary Ministry of Education Singapore Chan Lai Fung mengatakan kedatangannya ke Sumut tersebut merupakan bagian dari rangkaian agenda kunjungan ke beberapa provinsi yang besar di Indonesia.

Menurutnya, Sumut dikunjungi lantaran termasuk ke dalam salah satu provinsi besar dengan ekonomi yang sedang berkembang. Karena itu pihaknya juga tertarik untuk mendalami potensi kerja sama di bidang pariwisata.

Untuk bidang pendidikan, lanjutnya, pihaknya telah sering melakukan pertemuan regular dengan Kementerian Pendidikan Indonesia membahas tentang kolaborasi pertukaran pelajar.

“Kami telah mendengar perkembangan di Medan dan Sumut yang sangat bagus, tapi lebih baik kami mengunjungi langsung tempat ini dan kami juga ingin mengetahui secara langsung prioritas dari pemerintahan Sumut yang baru,” ujar Chan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper