Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi Sipindo Semakin Untungkan Petani

Sipindo Aplikasi bagi petani menambah fitur baru untuk meningkatkan keuntungan bagi petani
Managing Director PT East West Seed Indonesia, Glenn Pardede menyampaikan sambutan pada peluncuran fitur baru aplikasi SIPINDO di Jakarta, Jumat (12/10/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Managing Director PT East West Seed Indonesia, Glenn Pardede menyampaikan sambutan pada peluncuran fitur baru aplikasi SIPINDO di Jakarta, Jumat (12/10/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Sipindo, aplikasi bagi petani kerja sama produsen benih sayuran PT East West Seed Indonesia (Ewindo) bersama konsorsium G4AW SMARTseeds, menambah fitur baru untuk meningkatkan keuntungan bagi petani.

"Fitur baru itu berupa prediksi cuaca dengan resolusi spasial hingga lima kilometer, rekomendasi kandungan hara tanah berdasarkan tes laboratorium berikut rekomendasi pemupukan," kata Managing Director PT Ewindo, Gleen Pardede di Jakarta, Jumat, usai grand launching Sipindo Powered by SMARTseeds.

Peluncuran aplikasi ini dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian RI Musdhalifah Machmud, Direktur Perlindungan Tanaman Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan RI Sri Wijayanti Yusuf, Kantor Staf Presiden, Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kedutaan Besar Belanda, Akademisi, NGO, perusahaan-perusahaan pertanian, dan perwakilan petani binaan Ewindo di seluruh Indonesia.

Fitur ini diharapkan mampu membantu petani memprediksi cuaca secara lebih detail, memberikan informasi rekomendasi pemupukan sebagai dasar pemupukan dan juga panduan memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi tanah," ujar Glenn.

Menurutnya, aplikasi berbasis android ini merupakan salah satu upaya memanfaatkan teknologi guna memenuhi kebutuhan petani sayuran berdasarkan pengalaman lebih dari 25 tahun pada pengembangan bisnis benih hortikultura di Indonesia.

Sejak di luncurkan pada April 2017 lalu, aplikasi ini telah dimanfaatkan lebih dari 14.000 petani, dan diharapkan pada akhir 2019 dapat membantu sekitar 100.000 petani.

Hadirnya fitur baru dalam aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds ini diharapkan mampu memberikan jawaban untuk membantu para petani dalam menyelesaikan masalah yang sering dihadapi.

SMARTseeds sendiri merupakan proyek dari Geodata for Agriculture and Water (G4AW) yang didanai oleh Netherlands Space Office (NSO), salah satu dari 17 projek di seluruh dunia.

Menurut Glenn, fitur-fitur baru yang disajikan Sipindo Powered by SMARTseeds menghadirkan data terkini dan akurat. Dengan demikian, petani bisa langsung mengakses informasi yang dibutuhkanseperti mengetahui tingkat kesuburan tanah agar lebih hemat dalam menggunakan pupuk, serta mendapat informasi mengenai perkiraan cuaca hingga harga dan tren permintaan komoditas di pasaran.

Selain itu, lewat aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds petani bisa memperoleh informasi seputar tata cara penanganan hama dan penyakit tanaman, pola dan musim tanam, estimasi waktu panen dan perkiraan jumlah produksi, prakiraan iklim dan cuaca, hingga forum jual beli hasil panen dari pedagang pasar tradisional serta ritel modern untuk mengantisipasi permainan harga oleh para tengkulak.

Untuk saat ini fitur rekomendasi pemupukan baru bisa dinikmati oleh petani di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan Lampung dan sedang dalam proses untuk melakukan pengembangan ke daerah lainnya.

Sementara untuk fitur prediksi curah hujan sudah bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia yang berada di bawah garis katulistiwa.

Selain petani, aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds ini juga bermanfaat buat penyuluh pertanian dan pedagang.

Keuntungan bagi mitra penyuluh adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan petani sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam menganalisa suatu masalah yang dihadapi, kemudian segera memberikan solusi serta penyuluhan dengan cepat dan tepat kepada masing-masing petani. Sementara, pedagang bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari dan membeli produk-produk pertanian sesuai kebutuhan mereka dari petani langsung.

Kees de Ruiter, Regional Manager dari ICCO Cooperation Asia Tenggara yang merupakan project leader dari konsorsium SMARTseeds mengatakan, melalui konsorsium kemitraan ini, ?berupaya menyediakan layanan informasi pertanian berbasis data yang akurat dan sesuai dengan lokasi lahan petani.

"Ini adalah pencapaian baru dan kontribusi kami dalam pengembangan Sipindo melalui fitur Sipindo Powered by SMART Seeds. Kami berharap ini menjadi dukungan yang bernilai bagi petani terutama terkait dengan masalah iklim dan cuaca," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper