Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualitas Peserta MTQN 2018 Dinilai Meningkat

Kualitas para peserta Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) dinilai terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, termasuk para peserta tilawah anak-anak dan remaja, yang mengalami perbaikan kemampuan tajwid, fashahah, suara dan cara melantunkan ayat-ayat suci Alquran.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN- Kualitas para peserta Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) dinilai terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, termasuk para peserta tilawah anak-anak dan remaja, yang mengalami perbaikan kemampuan tajwid, fashahah, suara dan cara melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Hakim Golongan Tilawah Anak dan Remaja Muhammad Ali di sela-sela waktu penjurian, di lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/10/2018).

"Setiap tahun kualitas peserta MTQ ini memang terus meningkat. Semakin mendekati seluruh peserta tampil, persaingan juga semakin ketat. Kita juga harus lebih teliti dalam menilai," ucapnya.

Jika dibandingkan dengan MTQ sebelumnya, pada tahun ini kemampuan peserta semakin merata. Peserta dari Sabang sampai Merauke kemampuannya sangat imbang.

"Jadi tidak ada daerah yang mendominasi, semua daerah memiliki potensi yang sama. Untungnya kita terbantu dengan teknologi yang penjuriannya langsung terlihat sehingga tidak sulit lagi," katanya.

Dewan Hakim Lainnya Yusnar Yusuf Rangkuti menambahkan ada empat penilaian yang menjadi fokus dewan juri yakni, tajwid, fashahah, lagu dan suara. Jika ada nilai peserta yang sama, maka yang menjadi tolak ukur untuk melihatnya adalah nilai tajwidnya. 

"Seni membaca Alquran juga ada pada suara sehingga harus diseimbangkan. Suara mereka juga harus bagus," ucap Ketua Umum PB Alwashliyah tersebut. 

Jika berbicara ke kualitas internasional, kelemahan qari dan qariah dari Indonesia ada pada penguasaan Alquran secara menyeluruh. Penguasaan ini untuk tingkat dunia ada pada kontingen Afrika dan Arab Saudi yang kemampuannya luar biasa.

"Jadi yang masih menjadi perhatian kita itu penguasaan alquran mereka harus lebih ditingkatkan. Keilmuan dari Alquran itu sangat banyak dan itu yang harus mereka kuasai agar di internasional, Indonesia bisa lebih baik," ucapnya.

Untuk Tilawah Remaja dan Anak sendiri, babak penyisihan akan selesai pada Rabu (10/10). Pada Rabu malam akan diketahui seluruh peserta yang melaju ke final dan tampil pada Kamis (11/10). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper