Pertamina Sumbagsel Terjunkan 17  Relawan ke Palu

Oleh: Dinda Wulandari 09 Oktober 2018 | 16:42 WIB
Pertamina Sumbagsel Terjunkan 17  Relawan ke Palu
Relawan Pertamina Sumbagsel untuk bencana gempa dan tsunami di Palu. Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG—Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel mengirimkan 17 orang relawan yang terdiri dari 4 orang pekerja dan 13 orang operator untuk membantu operasional penyaluran energi serta membantu distribusi barang bagi pengungsi di Palu. 

Membantu dalam alur distribusi energi, Sales Executive Retail, Denny Nugrahanto yang biasa bertugas di Bangka Belitung dan Sales Executive LPG, Andrew Tambunan yang bertugas di Jambi menuturkan kesiapannya dalam membantu masyarakat di Palu. Sebelumnya, baik Denny dan Andrew pernah bertugas di Pulau Sulawesi.

“Ada banyak cara menolong korban bencana, dan saat ini saya menolong dengan kemampuan yang saya miliki, yakni memastikan kebutuhan bahan bakar terpenuhi, sehingga aktivitas masyarakat dan tim penyelamat tidak lumpuh,” kata Denny dalam siaran pers, Selasa (9/10/2018).

Andrew menambahkan bahwa bentuk kontribusi seperti ini tidak kalah pentingnya untuk membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana. 

"Saat ini bantuan bahan makanan sudah masuk, kami akan memastikan kebutuhan bahan bakar untuk mengolah makanan sehingga masyarakat bisa menjaga kesehatannya dengan acupan makanan yang cukup," ujar Andrew.

Dua relawan pekerja lainnya, Arif Rakhman dari Terminal BBM Kertapati dan Ella Y. dari Fungsi Keuangan juga turut menawarkan tenaganya untuk membantu sekaligus mengawal tim relawan dari Palembang. Baik Arif dan Ella memiliki pengalaman dalam bidang survival dimana dalam keadaan pasca bencana kemampuannya bisa sangat bermanfaat. 

Di sisi lain, Angga Rega Yandika, salah satu operator yang berangkat dalam rombongan ini mengatakan bahwa ini merupakan tugas mulia. 

"Saya dipilih oleh perusahaan untuk bertugas dan membantu di Palu. Kepercayaan ini , karenanya saya akan jalankan amanat tersebut untuk berusaha menolong semampu saya," ujarnya.

Sebelum diberangkatkan, para relawan ini sudah dibekali dengan peralatan dan juga materi untuk membantu korban bencana dan juga materi tentang survival. Pembekalan ini dimaksudkan agar para relawan tetap bisa menjaga kondisi kesehatan mental dan fisik mereka selagi mereka menjalankan tugasnya di lokasi bencana. 

Setelah tiba di Palu, relawan dari Sumbagsel ini akan bergabung bersama tim dari Pertamina Peduli Palu dan bertugas bersama-sama dengan relawan dari seluruh unit operasi Pertamina lainnya. Saat ini, posko Pertamina Peduli Palu terbagi di tiga lokasi, yakni di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Mutiara Palu, Pelabuhan Pontoloan Donggala, dan Terminal BBM Donggala.

Hingga saat ini, Pertamina telah memberikan bantuan BBM sebanyak 6,5 Kilo Liter (KL) untuk TNI, Basarnas, genset PLN, dan Rumah Sakit. Untuk LPG di dapur umum, telah diberikan 27 tabung Bright Gas 12 kg untuk kebutuhan masak, selain itu di posko Pertamina juga telah disiapkan 441 tabung Bright Gas 12 Kg dan 70 tabung LPG 50 Kg. 

Selain bantuan energi, Pertamina Peduli Palu juga sudah mengirimkan sembako dan kebutuhan dasar lainnya dengan total mencapai Rp5 miliar.

 

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya