Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Jatim Gerebek Penangkar Burung Berpangsa Pasar Luar Negeri

Kepolisian Daerah Jawa Timur mengamankan sebanyak 443 ekor burung langka yang dilindungi dari sebuah perusahaan penangkaran CV Bintang Terang di Kabupaten Jember.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JEMBER – Kepolisian Daerah Jawa Timur mengamankan sebanyak 443 ekor burung langka yang dilindungi dari sebuah perusahaan penangkaran CV Bintang Terang di Kabupaten Jember.

"Izin operasional CV Bintang Terang di Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember sebagai lokasi penangkaran burung sudah mati sejak 2015. Namun, masih tetap operasional dan menampung burung langka dari luar yang diduga ilegal," kata Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan di Jember, Selasa (9/10/2018).

Perusahaan yang berada di Desa Curahkalong, Kecamatan Bangsalsari tersebut menjalankan usaha penangkarannya. Akan tetapi, sebagian membeli burung langka dari luar yang diduga ilegal dan dijual lagi ke luar negeri.

"Polda akan bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jawa Timur untuk membedakan mana burung hasil penangkaran dan burung yang dibeli dari luar," tuturnya.

Menurut dia, barang bukti berupa burung langka tersebut dititipkan di lokasi penangkaran milik PT Bintang Terang dengan mendapat pengamanan yang ketat dari aparat kepolisian dan sebagian dititipkan di BKSDA Jatim yang berada di Sidoarjo.

"Seluruh barang bukti tidak bisa dibawa untuk penyidikan karena dikhawatirkan akan stres dan berdampak pada kesehatan burung langka tersebut. Kami juga mendapat laporan ada burung yang mati sehingga kami akan memantau laporan perkembangan itu," katanya.

Polda Jatim menetapkan pemilik penangkaran berinisial LDA sebagai tersangka yang dijerat dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayat Pasal 21 yang ancaman hukumannya pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp100 juta.

Sementara itu, Kepala Balai Besar KSDA Jatim Nandang Prihadi menyebutkan sebanyak 35 ekor burung dititipkan di lembaga konservasi dan 10 ekor dibawa ke Kantor Balai Besar KSDA Jatim, sedangkan sisanya masih dititipkan di penangkaran CV Bintang Terang dengan pengamanan dari aparat kepolisian.

"Kami masih mengidentifikasi satwa mana saja hasil penangkaran dan hasil perdagangan ilegal seperti yang disampaikan Bapak Kapolda Jatim bahwa ada satwa yang dibeli dari pasar ilegal tersebut," katanya.

Sejauh ini, lanjut dia, kondisi burung langka tersebut masih bagus dan tidak stres. Namun, ketika dikerumuni banyak orang, satwa yang dilindungi tersebut bisa stres.

"CV Bintang Terang izin operasional penangkarannya sudah mati sejak 2015 dan izin edar luar negeri sudah habis pada bulan September 2018," katanya.

Ratusan burung yang diamankan tersebut terdiri atas 11 jenis burung, yakni 212 ekor nuri bayan (eclectus roratus), 99 kakatua besar jambul kuning (cacatua galerita), 23 ekor kakatua jambul orange (cacatua moluccensis), 82 ekor kakatua govin (cacatua goffiniana), 5 kakatua raja, seekor kakatua alba, seekor jalak putih, 6 ekor burung dara mahkota (gaura victoria), 4 ekor nuri merah kepala hitam (loriyus lory), 6 ekor anakan nuri bayan, dan 6 nuri merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper