Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudahkan Arus Massa, Panitia MTQ Nasional XXVII Sediakan Bus Gratis

Panitia Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII di Medan, Sumatra Utara, menyediakan bus gratis untuk masyarakat yang hendak menonton musabaqah di tiap venue. 
MTQ nasional/ilustrasi
MTQ nasional/ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN – Panitia Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII di Medan, Sumatra Utara, menyediakan bus gratis untuk masyarakat yang hendak menonton musabaqah di tiap venue. 

Sebanyak 66 unit bus gratis tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan.

“Bus itu yang bantuan kementerian ada 66 unit dan semua sudah tiba sejak tanggal 2 Oktober malam,” ujar Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Iswar, Kamis (4/10/2018).

Bus-bus yang telah tiba tersebut telah melalui pengecekan kelayakan. Begitu pula dengan sopir-sopirnya yang juga didatangkan dari Jakarta. “Seluruh pengemudinya sudah menjalani pengecakan narkoba dan kesehatan oleh dokter-dokter dari Dinas Kesehatan,” katanya.

Selain sopir, katanya, di dalam bus tersebut telah ditugaskan Liaison Officer (LO) yang bertugas untuk memandu penumpang. 

Saat ini, bus tersebut sedang diperbantukan untuk penjemputan kafilah dari bandara hingga tanggal 7 Oktober pada saat pembukaan MTQ nasional. Setiap provinsi diperkirakan mengirim kafilahnya sebanyak 100 orang, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka bus bantuan tersebut disisipkan untuk mengangkut kafilah dari bandara hingga ke tempat peristirahatannya.

“Hingga hari pembukaan kita, bus akan diprioritaskan untuk membawa kafilah yang jumlahnya cukup banyak sebab mereka merupakan tamu Sumut, jangan sampai tidak terangkut,” kata Iswar.

Setelah tanggal 7 Oktober, bus mulai digunakan untuk mengangkut massa di titik-titik yang telah ditentukan. Selain itu, disediakan juga bus shuttle untuk mengangkut masyarakat dan mengantarnya ke titik-titik lokasi lomba. 

“Semua lokasi lomba akan dilewati, bagi masyarakat yang akan menonton atau yang mau melihat-lihat Lapangan Merdeka terus mau ke Astaka boleh menggunakan bus ini,” ujarnya.

Frekuensi kedatangan shuttle bus akan disesuaikan dengan kebutuhan dengan estimasi paling lama sekali dalam setengah jam.

Bus gratis yang disediakan panitia ditandai dengan tulisan “Angkutan Gratis MTQN XXVII”. 

Adapun, lokasi yang akan dilalui shuttle bus adalah semua titik lokasi cabang lomba MTQ nasional, antara lain Arena Utama (Sport Center Area) Jalan Pancing/Williem Iskandar, Lapangan Merdeka Medan, Asrama Haji, Lapangan Istana Maimun Jalan Brigjen Katamso Medan, Aula H Anif – Unimed, UINSU Pancing, Gedung  Sumekto Djajanegara Akademi Pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper