KAI Aktifkan Kembali Jalur ke Pelabuhan Panjang

Oleh: Newswire 02 Oktober 2018 | 12:19 WIB
KAI Aktifkan Kembali Jalur ke Pelabuhan Panjang
Rel kereta api. /Bisnis.com

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG – PT KAI Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang kembali mengaktifkan jalur yang sudah lama tidak berfungsi yakni dari Pidada, Waylunik, sampai ke dalam Pelabuhan Panjang.

"Kami aktifkan kembali jalur yang sudah lama tidak aktif untuk meningkatkan pengoperasian angkutan," ujar Manajer Humae PT KAI Divre IV Tanjung Karang Sapto Hartoyo, di Bandarlampung, Lampung, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, jalur yang akan diaktifkan kembali itu berjarak tiga kilometer yaitu Km 3 Pidada Waylunik sampai Km 0 Pelabuhan Panjang. Selain itu, pengaktifan kembali jalur kereta ini sangat penting bagi angkutan barang seperti batubara, semen, dan lainnya.

"Jalur ini harus segera direaktivasi, karena bisa terus mengantar barang ke dermaga langsung tanpa harus perantara dan bekerja dua kali," katanya.

Sapto menjelaskan, terdapat beberapa bidang trek yang harus diperbaiki untuk bisa mendukung angkutan barang ke dalam dermaga tersebut. Selain ada bidang trek yang harus diperbaiki, terdapat tiga titik yang masih dalam tahap penyelesaian salah satunya yaitu jalur PT Semen Baturaja.

"Harus kita selesaikan semua 'spot' dan beberapa bidang trek, agar tidak ada hambatan bila jalur tersebut sudah beroperasi," jelasnya.

Jalur Pidada sampai dalam pelabuhan ini sangat bermanfaat untuk transportasi barang yang selama ini masih menggunakan angkutan mobil. Dengan kereta ini, akan lebih cepat sampai ke pusat dermaga.

Sapto mengharapkan, agar masyarakat, perusahaan, Dishub, Walikota dan Gubernur bisa mendukung program pengaktifan kembali jalur kereta tersebut, agar angkutan barang tidak lagi menggunakan mobil-mobil besar untuk ke lokasi pengangkutan.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya