Pemprov Riau Tidak Bahas APBD Perubahan

Oleh: Arif Gunawan 28 September 2018 | 01:07 WIB
Pemprov Riau Tidak Bahas APBD Perubahan
Kantor Gubernur Riau/Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyatakan tahun ini tidak ada pembahasan APBD Perubahan. Langkah itu dinilai pemprov hampir sama dengan beberapa provinsi lainnya.

Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengatakan tidak adanya pembahasan APBD Perubahan bukanlah suatu masalah, dan pihaknya hanya mencari jalan terbaik di tengah kesulitan anggaran yang dihadapi daerah itu.

"Untuk APBD-P kami cari jalan terbaik saja. Negara saja tidak ada APBN Perubahan, Sumatera Utara juga tak ada APBD Perubahan," katanya di Kantor Gubernur, Kamis (27/9/2018).

Dengan kondisi itu, pihaknya mengimbau semua pihak di jajaran pemprov harus sama-sama memaklumi keterbatasan anggaran yang terjadi, karena tahun ini masih ada sisa tiga bulan jelang berakhirnya tahun anggaran 2018.

Menurut Wan, kalaupun dipaksakan ada pembahasan dan penetapan APBD Perubahan, tidak akan banyak yang bisa dilakukan daerah.

Bahkan dengan kondisi sulitnya keuangan saat ini, setiap dinas dan satuan kerja tidak lagi bisa melakukan perjalanan dinas. Dia mencontohkan Dinas Pariwisata yang anggarannya sudah habis.

"Sama-sama prihatin dengan kondisi ini. Saya sudah bilang dengan Biro Umum, kalau Riau tak ada APBD Perubahan ini masih bisa minum teh," katanya.

Salah satu penyebab kesulitan anggaran yang dihadapi Riau saat ini yaitu akibat tunda bayar dana  bagi hasil migas oleh pemerintah pusat.

Bila kondisi tidak seperti itu, Wan Thamrin meyakini daerahnya masih bisa menjalankan program kerja dan kegiatan seperti sebelumnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya