Jakabaring Sport City Jadi Lokasi Event Olahraga Nasional dan Internasional

Oleh: Dinda Wulandari 26 September 2018 | 15:59 WIB
Jakabaring Sport City Jadi Lokasi Event Olahraga Nasional dan Internasional
Wisma ATlet Jakabaring Palembang/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Kawasan Jakabaring Sport City atau JSC diharapkan dapat terus menjadi lokasi utama penyelenggaraan kejuaraan olahraga sehingga komplek olahraga terpadu itu tidak terbengkalai pasca Asian Games 2018.

Kepala Biro Perekonomian Setda Sumsel, Afrian Joni, mengatakan Pemprov Sumsel telah menyerahkan sepenuhnya pengelolaan JSC kepada BUMD yakni PT Jakabaring Sport City.

“Semuanya sudah dikelola PT JSC untuk pemeliharaan, pengelolaan dan operasional kawasan tersebut, tinggal bagaimana PT JSC mempromosikannya,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (26/9/2018).

Sementaraitu  untuk dukungan pemprov, kata Joni, pemda belum mengalokasikan dana APBD 2019 kepada perusahaan daerah tersebut.

Menurut dia, PT JSC bisa saja mendapat penyertaan modal jika mengajukan rancangan bisnis di kawasan yang mereka kelola.

Joni mengatakan PT JSC harus berupaya lebih optimal dan gencar dalam mempromosikan kawasan olahraga seluas 325 hektare dengan 20 venue standar internasional itu.

“Sudah ada beberapa event besar yang terjadwal di sana tahun depan tetapi mereka harus lebih gencar mempromosikan JSC,” katanya.

Pemprov sendiri berharap PT JSC dapat berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dengan digelarnya agenda olahraga di kawasan itu.

Diketahui, pembentukan PT JSC disetujui saat rapat paripurna DPRD Sumsel pada April 2017 lalu. Pendirian PT JSC tersebut bertujuan untuk membuat pengelolaan kawasan Jakabaring menjadi lebih profesional.

Juru bicara Panitia Khusus I DPRD Sumsel  Syarnubi mengatakan  PT Jakabaring Sport City selain untuk mencari keuntungan guna peningkatan PAD, juga harus tetap dengan fungsinya untuk pelayanan publik.

“Tetapi juga jangan melupakan fungsi pelayanan publik dalam upaya peningkatan prestasi olahraga bagi masyarakat Sumsel,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sumsel Nasrun Umar mengatakan ada lima agenda olahraga skala Asia hingga dunia yang bakal diselenggarakan JSC Palembang pada tahun depan.

“Kami sudah catat ada 5 agenda kejuaraan hal itu tidak terlepas dari fasilitas, sarana dan prasarana di JSC yang sudah memenuhi standar internasional," ujarnya saat menerima kunjungan Komisi XI DPR RI di Palembang, Rabu (26/9/2018).

Adapun kelima kejuaraan yang disampaikan sekda, yakni kejuaraan bolling tingkat dunia, kejuaraan tembak tingkat Asia, kejuaraan voli pantai tingkat Asia Pasifik, kejuaraan sepak takraw tingkat Asia dan kejuaraan sport climbing tingkat Asia.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya