Pemasaran Tenun Cual Bangka Belitung Tembus Belanda

Oleh: Newswire 25 September 2018 | 11:15 WIB
Pemasaran Tenun Cual Bangka Belitung Tembus Belanda
Tenun Cual./Antara

Bisnis.com, BANGKA BELITUNG – Kerajinan tenun cual Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki motif unik berhasil menembus pasar di empat negara.

"Alhamdulillah saat ini pemasaran tenun cual sudah dipasarkan di China, Belanda, Malaysia, dan Singapura," kata perajin tenun cual Maslina di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pemasaran tenun cual yang semakin luas ini berkat bantuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel dan PT Timah Tbk yang terus mempromosikan kerajinan khas daerah ini di tingkat nasional dan internasional.

"Permintaan konsumen dari empat negara tersebut selalu rutin, sehingga dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan perajin cual," ujarnya.

Menurut dia, minat masyarakat dalam dan luar negeri semakin tinggi, karena tenun cual ini memiliki motif dan corak yang unik. Misalnya motif kembang setangkai, kembang setaman, bebek bekandang, ubur-ubur, kembang sepatu, dan gajah mada.

Sementara harga tenun cual cukup bervariasi dimulai Rp500.000 hingga Rp20.000.000 tergantung kelas, corak, kualitas dan tingkat kesulitan pembuatan tenun tersebut.

"Harga tenun cual dari Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000 memiliki kualitas nomor satu dan benang tenun berkadar emas," katanya.

Menurut dia, meski harga tenun cual ini cukup tinggi, namun tidak menyurutkan konsumen untuk membeli kerajinan khas daerah ini.

"Permintaan pasar tidak menentu dan motif tenun cual yang paling diminati konsumen yaitu gajah mada," katanya.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya