Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemasaran Tenun Cual Bangka Belitung Tembus Belanda

Kerajinan tenun cual Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki motif unik berhasil menembus pasar di empat negara.
Tenun Cual./Antara
Tenun Cual./Antara

Bisnis.com, BANGKA BELITUNG – Kerajinan tenun cual Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki motif unik berhasil menembus pasar di empat negara.

"Alhamdulillah saat ini pemasaran tenun cual sudah dipasarkan di China, Belanda, Malaysia, dan Singapura," kata perajin tenun cual Maslina di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pemasaran tenun cual yang semakin luas ini berkat bantuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel dan PT Timah Tbk yang terus mempromosikan kerajinan khas daerah ini di tingkat nasional dan internasional.

"Permintaan konsumen dari empat negara tersebut selalu rutin, sehingga dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan perajin cual," ujarnya.

Menurut dia, minat masyarakat dalam dan luar negeri semakin tinggi, karena tenun cual ini memiliki motif dan corak yang unik. Misalnya motif kembang setangkai, kembang setaman, bebek bekandang, ubur-ubur, kembang sepatu, dan gajah mada.

Sementara harga tenun cual cukup bervariasi dimulai Rp500.000 hingga Rp20.000.000 tergantung kelas, corak, kualitas dan tingkat kesulitan pembuatan tenun tersebut.

"Harga tenun cual dari Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000 memiliki kualitas nomor satu dan benang tenun berkadar emas," katanya.

Menurut dia, meski harga tenun cual ini cukup tinggi, namun tidak menyurutkan konsumen untuk membeli kerajinan khas daerah ini.

"Permintaan pasar tidak menentu dan motif tenun cual yang paling diminati konsumen yaitu gajah mada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper