HUT ke-50, Kadin Batam Siap Kawal Iklim Investasi di Tahun Politik

Oleh: Sarma Haratua Siregar 24 September 2018 | 18:22 WIB

Bisnis.com, BATAM – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam berkomitmen terus mengawal iklim investasi yang aman dan nyaman selama tahun politik. Komitmen ini disampaikan Kadin seiring dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kadin Indonesia yang ke-50 di Kota Batam.

Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukgukg memastikan, Batam akan tetap aman dan kondusif selama pesta demokrasi berlangsung. Salah satu yang harus dijaga adalah aspek kepastian hukum bagi investasi-investasi yang masuk.

“Semua stakeholder harus berkomitmen mengawal aspek kepastian hukum terhadap investasi. Agar investor tidak gamang melakkan aktifitasnya selama tahun politik,” ujarnya di kantor Kadin Batam, Senin (24/9).

Kendati kondisi perekonomian Dunia belum sepenuhnya pulihh, namun pertumbuhan investasi di Batam menunjukan tren positif. Hal ini merupakan hasil kerjakeras sejumlah stakeholder untuk terus menjaga iklim invesasi di Batam.

“Kita harus bersama-sama mengembalikan kepercayaan investor kepada Batam,” jelasnya.

Kadin Batam telah mencanangkan tahun 2018 sebagai tahun investasi. Fokus Kadin dalam jangka pendek adalah mendorong untuk mengembalikan kepercayaan investor untuk menanamkan modal di Batam.

Kadin gencar mengkampanyekan Batam sebagai tempat yang nyaman sebagai tujuan Investasi, agar memberikan rasa percaya diri kepada invesatasi. Dia berharap, upaya Kadin bisa mendorong penanam modal tak lagi wait and see.

“Kita dorong pemerintah dalam hal pelayanan perizinan, dan kita dorong pelaku usaha agar tidak wait and see,” jelasnya.

Banyak pengalaman yang telah dilalui oleh KAdin selama berkiprah di batam. Tak sedikit kebijakan ekonomi Batam dikawal ketat oleh Kadin, untuk memastikan aturan main yang dibuat oleh pemangku kepentingan tetap pro Bisnis dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

 “Ada yang tidak setuju, marah, atau tak suka dikritisi. Tapi kami adalah mitra pemerintah yang harus saling menopang,” jelasnya.

Selain mengenai Investasi, Kadin Batam juga memberikan perhatian serius terhadap pengembangan sektor pariwisata. Hal ini seiring dengan langkah pemerintah daerah dan BP Batam yang juga mendorong pariwisata menjadi magnet baru perekonomian Batam.

Pemerintah Kota telah membangun sejumlah infrastruktur, terutama pelebaran jalan di ruas-ruas strategis. Sedikit banyak pembangunan infrastruktur turut meningkatkan imej Batam sebagai tujuan pariwisata yang nyaman, aman dan modern.

Kedepan Pemerintah Kota juga perlu meningkatkan infrastruktur di objek-objek wisata yang ada. Selama ini, banyak tempat wisata yang belum memiliki infrastruktur yang cukup memadai untuk dijual kepada turis mancanegara.

“Kita harus mulai merubah tempat rekreasi menjadi objek wisata. Pengembangan infrastryktur pendukung di objek-objek tersebut adalah yang paling penting untuk dibenahi,” jelasnya.

Sementara itu Kadin akan terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk membuat paket-paket wisata dan kegiatan-kegiatan MICE di Batam. Dengan semakin tingginya promosi pariwista yang dilakukan pelaku usaha, akan meningkaktan kunjungan wisatawan ke Batam.

“Sektor pemerintah dan pariwisata harus saling bahu membahu mewujudkan pariwisata sebagai sektor unggulan baru,” kata dia.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya