Pemkot Padang Kembangkan Wisata Agro di Pasar Raya

Oleh: Heri Faisal 24 September 2018 | 13:07 WIB
Pemkot Padang Kembangkan Wisata Agro di Pasar Raya
Sejumlah petani memanen buah semangka./Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, PADANG — Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat berencana mengembangkan destinasi wisata berbasis pertanian atau wisata agro di pusat kota guna memperkaya daftar kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Plt Kepala Dinas Pangan Kota Padang Syahrial menyebutkan destinasi wisata agro direncanakan bakal dibangun di pusat kota, tepatnya di Pasar Raya Padang.

“Konsepnya masih dipelajari, sekaligus memperhitungkan sasaran dan manfaat dari kehadiran agrowisata di pusat perdagangan Kota Padang,” katanya, Senin (24/9/2018).

Dia menyebutkan pengembangan destinasi agrowisata bertujuan untuk menambah keragaman pilihan berwisata di ibukota provinsi Sumatra Barat itu.

Sekaligus, menjadi wadah informasi dan pusat pelatihan pertanian perkotaan. Selain itu, tentu saja sebagai upaya mendukung program ketahanan dan keamanan pangan.

“Juga dikembangkan hidroponik. Jadi akan mempermudah produsen dan konsumen dalam mendapatkan hasil pertanian segar,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkot Padang memprioritaskan pengembangan pariwisata berbasis sumber daya dan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Sumatra Barat, termasuk salah satunya dengan pengembangan basis pertanian.

Ketua Asosiasi Hidroponik Padang Ferry K Soelaiman menyebutkan dalam rencana pengembangan agrowisata Pasar Raya Padang, salah satu unggulan adalah pengembangan pertanian hidroponik.

“Unggulannya, salah satunya hidroponik. Konsumen bisa beli, sekaligus juga bisa belajar mengembangkan hidroponik,” katanya.

Dia berharap pemerintah setempat memberikan dukungan maksimal untuk pengembangan destinasi agrowisata di daerah itu.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya