Sumbar Terima Penghargaan Bidang Pengelolaan Keuangan Terbaik

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menerima penghargaan bidang pengelolaan keuangan terbaik dari Kementerian Keuangan karena dinilai telah melaksanakan pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel.
Ilustrasi: Jam Gadang Bukittinggi/Bisnis.com
Ilustrasi: Jam Gadang Bukittinggi/Bisnis.com

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menerima penghargaan bidang pengelolaan keuangan terbaik dari Kementerian Keuangan karena dinilai telah melaksanakan pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan penghargaan itu diberikan karena daerahnya sudah menjalankan pengelolaan keuangan yang baik, serta menerapkan akuntabilitas dalam pengelolaannya.

“Salah satu poin penilaian penghargaannya adalah Sumbar sudah menerima opini WTP untuk LKPD lima tahun berturut – turut,” ujarnya, Kamis (20/9/2018).

Untuk diketahui pasca gempa 2009, Sumbar meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) lima tahun berturut – turut, sejak 2013 hingga 2017.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah pada tahun 2018.

Atas penghargaan itu, pemda setempat berhak menerima dana insentif dari pemerintah pusat sebesar Rp71 miliar untuk pembangunan daerah.

“Penghargaan ini adalah buah kerja dari seluruh jajaran Pemprov Sumbar. Ke depan, harapan kami Sumbar kembali dapatkan WTP,” katanya.

Irwan mengatakan opini WTP yang diberikan BPK itu menurutnya adalah penting bagi kredibilitas institusi, agar tata kelola pemerintahan yang berjalan baik, prosedural, bertanggungjawab dan akuntabel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper