GIXA 2018 Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Danau Toba

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengapresiasi pelaksanaan even Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2018 yang mengambil rute di sekitar lokasi wisata Danau Toba yang diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumut.
Danau Toba/Antara-Sigid Kurniawan
Danau Toba/Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengapresiasi pelaksanaan even Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2018 yang mengambil rute di sekitar lokasi wisata Danau Toba yang diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumut.

“Even ini sangat baik, karena tempat dan rutenya di daerah wisata Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Ini membantu Pemprov Sumut untuk promosikan daerah wisata di daerah ini,” ujarnya ketika menerima audiensi panitia GIXA 2018, di ruang kerjanya pada Jumat (21/9/2018).

Selain itu, even ini juga diharapkan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Sumut, khususnya Danau Toba.

“Pesertanya 50 yang berasal dari 7 provinsi di Indonesia dan juga ada yang dari luar negeri. Otomatis menambah jumlah kunjungan wisata ke Provinsi Sumatera Utara,” katanya.

Dia menuturkan, salah satu visi misi pemerintah provinsi Sumut adalah membangkitkan perekonomian masyarakat, antara lain lewat sektor pariwisata.

Oleh karena itu, Musa meminta instansi terkait, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, untuk memanfaatkan aneka event seperti GIXA 2018 untuk sarana promosi destinasi wisata.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara khususnya agar bersinergi dengan komunitas-komunitas seperti ini,” ujarnya.  

Ketua Panitia GIXA 2018 Prihatin Kasiman mengatakan bahwa event tahunan GIXA 2018 merupakan penyelenggaraan yang kelima kali di kawasan Danau Toba. “Ini setiap tahun diadakan, start di Balige dan finish di Ajibata,” kata dia.

Kegiatan ini, lanjutnya, berlangsung selama 8 hari, yakni 13-20 Oktober 2018. Dia mengatakan, peminat kegiatan tersebut cukup besar akan tetapi panitia membatasi maksimal 50 peserta.

“Walaupun rutenya kurang lebih 40 kilometer, tapi medannya cukup berat. Pilihan lokasi tahun ini kita gelar di hutan-hutan pegunungan Bukit Barisan di sekitar Danau Toba,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper