Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerimaan CPNS 2018: Mendikbud Imbau Guru Honorer Tidak Lagi Mogok Mengajar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau agar para guru honorer berhenti melakukan aksi mogor mengajar karena tidak dibukanya rekrutmen calon pegawai negeri sipil jalur honor.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau agar para guru honorer berhenti melakukan aksi mogor mengajar karena tidak dibukanya rekrutmen calon pegawai negeri sipil jalur honor.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir pada acara jumpa media di Kantor Staf Presiden, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018).

"Saya mohon kepada guru kembali ke sekolah masing-masing, membina, mengasuh dan mengantar anak didiknya kembali. Saya minta untuk tidak ada lagi keinginan-keinginan di luar tugas profesionalnya sebagai guru untuk menyampaikan aspirasinya, karena aspirasinya InsyaAllah sudah diperhatikan oleh Pemerintah," tutur Muhadjir.

Muhadjir Effendy bersama dengan Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Menpan RB Syafruddin, Kepala KSP Moeldoko serta pejabat pemerintah lainnya sudah melakukan rapat terbatas mengenai pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

PPPK merupakan solusi alternatif bagi para tenaga honorer yang tidak dapat mengikuti rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) karena tidak memenuhi syarat atau tidak lolos CPNS untuk mendapatkan kesejahteraan yang sama dengan para ASN/PNS.

Bahkan, apabila tidak lolos PPPK para tenaga honorer tersebut juga akan tetap diusahakan kesejahteraannya dengan mengimbau agar mereka digaji sesuai upah minimum regional (UMR) masing-masing daerah.

"Alhamdulillah sudah ada solusi untuk mengatasi masalah yang cukup paten dalam kaitannya dengan posisi guru honorer, mudah-mudahan ini adalah solusi yang baik dan bisa kita laksanakan," tandas Muhadjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper