Pertumbuhan Pembiayaan BCA Finance Masih Stagnan

Oleh: Ropesta Sitorus 17 September 2018 | 19:42 WIB
Pertumbuhan Pembiayaan BCA Finance Masih Stagnan
Kantor BCA Finance/Istimewa
Bisnis.com, MEDAN- PT BCA Finance menyatakan permintaan pembiayaan otomotif, khususnya untuk mobil baru, di wilayah Sumatra bagian Utara masih cenderung stagnan. 
Bukitmas Siahaan, Manajer Regional Sumatra Bagian Utara BCA Finance, mengatakan belum pulihnya permintaan otomotif membuat bisnis pembiayaan juga sulit bertumbuh signifikan dalam 2018.
"Bisa di-crosscheck ke dealer tahun ini sebagian dealer belum mencapai target. Itu kan inline, kalau dealer belum capai target, leasing juga akan berat untuk capai target. Tahun 2018, bisnis otomotif memang menantang, hampir sama kondisinya dengan 2017, pencapaian secara nasional juga hampir sama,  growthnya tidak banyak," katanya di sela-sela pembukaan pameran Pekan Raya Otomotif BCA Finance (PRO-BCAF) 2018, di Medan, Senin (17/9/2018)
Dia menjabarkan, pertumbuhan penyaluran pembiayaan otomotif BCA Finance secara nasional hanya tumbuh sekitar 2% dibandingkan akhir tahun lalu (year to date/ytd).
Adapun, untuk area Sumatra Utara, BCA Finance membidik jumlah pembiayaan yang disalurkan untuk kendaraan baru, baik mobil penumpang serta mobil komersial seperti pick up, dapat mencapai Rp400 miliar sampai akhir 2018.
Dari jumlah target tersebut, porsi mayoritas atau sekitar Rp350 miliar diharapkan tersalur di area Medan, Tanjung Morawa dan Binjai.
"Sampai saat ini dari target Rp350 miliar, yang tercapai secara year to date belum  100%, angkanya sekitar 90%. Karena 2018 kan memang tahun yang agak berat, ya angka itu sudah lumayan. Tapi bagi kami, secara bisnis ya itu belum tercapai, kami terus upayakan [target kinerja] tahun ini bisa tercapai," ungkapnya.
Dalam memacu kinerjanya, salah satu strategi yang dilakukan anak usaha PT Bank Central Asia Tbk. itu adalah lewat pameran otomotif di sejumlah kota.
Teranyar, PT BCA Finance menggelar  Pekan Raya Otomotif 2017 (PRO-BCAF) selama sepekan mulai 17 September hingga 23 September mendatang di Atrium Mall Centre Point, Medan. Pameran otomotif ini merupakan bagian dari acara serupa yang digelar secara nasional di kota-kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bali, Pekanbaru, Bandung. 
Bukitmas berharap agenda tersebut dapat mendongkrak penjualan para dealer sekaligus mengerek penyaluran pembiayaan BCA Finance. "Kami targetkan 200 surat pemesanan kendaraan selama pameran ini berlangsung." 
Branch Manager BCA Finance Medan Tubagus Hermawan menambahkan kegiatan tersebut juga digelar sebagai media integrasi bisnis antara BCA Finance dan para dealer mobil di Kota Medan.
"Kami ingin PRO BCAF 2018 ini berhasil menjadi ajang apresiasi bagi para nasabah setia BCA Finance selama ini," katanya.
Tubagus menerangkan, dalam pekan otomotif tersebut hadir beberapa dealer di Kota Medan dengan mobil-mobil andalannya seperti Toyota, Suzuki, Honda, Daihatsu, Mitsubishi Motors, Mazda, Nissan, Wuling Motors, dan DFSK.
Berbagai gimmick yang menguntungkan nasabah ditawarkan BCA Finance bersama dealer untuk mempermudah pembelian mobil, mulai dari diskon biaya administraso, bunga 0%, gratis biaya asuransi, dan lain-lain. 
"Akan ada banyak juga doorprize dan souvenir yang akan dibagikan kepada pengunjung pekan raya," paparnya.
Selain pameran, pihaknya juga menggelar acara menarik seperti kontes menyanyi bagi usia 7-15 tahun dan kompetisi menggambar bagi anak usia 4-7 tahun. Perlombaan ini dibuka untuk masyarakat luas dan gratis.
Agenda tersebut juga diramaikan dengan sejumlah pertunjukan seni dan kreatifitas seperti musikal dan tarian dari berbagai sekolah dan sanggar di Medan Sehingga diharapkan dapat menjadi ajang bersenang-senang bagi anak-anak.
Penyanyi cilik berprestasi Lyodra Ginting pun turut berpartisipasi. Gadis pemenang pertama Sanremo Music Festival di Italia ini akan menjadi guest star yang akan menghibur pengunjung pekan raya otomotif. 
Selain Lyodra, akan hadir juga Hillarius Satrio, jurnalis Autonet Magz sekaligus vlogger otomotif. Hillarius akan mengisi sesi talkshow dan sharing moment tentang dunia otomotif. 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya