Palembang Perluas Jargas Untuk Rumah Tangga

Oleh: Dinda Wulandari 12 September 2018 | 07:25 WIB
Palembang Perluas Jargas Untuk Rumah Tangga
Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sulaiman Amin (dari kanan) bersama Direktur Operasional PT SP2J Antoni Rais menjelaskan program jargas di Kota Palembang. Bisnis/Dinda wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang memperluas jaringan gas bumi untuk rumah tangga untuk 1.500 sambungan di wilayah Kelurahan Talang Kelapa yang ditargetkan beroperasi tahun depan.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sulaiman Amin, mengatakan pemkot mengerahkan BUMD PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) untuk menggarap proyek jargas tersebut.

"Kami berupaya mengembangkan jargas secara bertahap di Kota Palembang, targetnya tahun depan sudah harus operasional," katanya kepada wartawan, Senin (10/9/2018).

Sulaiman mengatakan jargas merupakan salah satu prioritas pembangunan yang diharapkan pemkot dapat merata di seluruh wilayah kota tersebut.

Apalagi, kata dia, pemkot memiliki BUMD yang dapat membangun jaringan serta mengelolanya setelah terpasang di rumah warga.

Sulaiman menambahkan jargas di Palembang juga mendapat perhatian pemerintah pusat di mana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turut mengalokasikan dana pembangunan di wilayah Seberang Ulu.

"Tahun lalu kami dapat alokasi 4.300 SR (sambungan rumah tangga) dari Kementerian ESDM, mudah-mudahan tahun depan dapat lagi kami akan ajukan," katanya.

Dia mengemukakan pihaknya bakal mengajukan sambungan baru sebanyak 10.000 SR kepada pemerintah pusat.

Sementara itu Direktur Operasional PT SP2J, Antoni Rais, mengatakan masyarakat Palembang sudah menyadari manfaat gas bumi untuk rumah tangga.

"Bahkan yang di Talang Kelapa ini sudah sejak 10 tahun lalu mengajukan ke PGN (Perusahaan Gas Negara) namun tak  terealisasi sehingga sekarang ke kami," katanya.

Menurut Antoni, kesadaran masyarakat untuk mau membayar iuran gas tepat waktu juga semakin tinggi. Sehingga pihaknya optimistis  jargas untuk rumah tangga bakal berkembang pesat dan menguntungkan secara bisnis.

Apalagi, kata dia, pihaknya memberikan keringanan kepada warga dengan menawarkan cicilan untuk biaya pemasangan baru yang senilai total Rp3,5 juta.

Antoni mengatakan saat ini perusahaan telah melayani 6.000 pelanggan jargas di berbagai wilayah di kota tersebut

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya