Pemkot Batam-Telkomsel Bahas Kerjasama Smart City

Oleh: Sarma Haratua Siregar 10 September 2018 | 17:16 WIB
Pemkot Batam-Telkomsel Bahas Kerjasama Smart City
Pemandangan di satu sudut Kota Batam./Dok. Kementerian Pariwisata

Bisnis.com, BATAM – Pemerintah Kota Batam tengah menjajaki model kerjasama pengembangan konsep smart city bersama Telkomsel. Telkomsel menawarkan sejumlah platform pengembangan smart city, namun Pemko Batam masih harus mencari pola kerjasama yang sesuai.

“Platform yang ditawarkan oleh Telkomsel memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Batam. Namun kita harus mempertimbangkan aspek anggaran, sehingga perlu mencari model-model kerjasama yang saling menguntungkan,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim, Senin (10/9).

Sebelumnya Pemko Batam sudah memangun sejulah platform digital dalam rangka mengembangkan konsep smart City di Batam. Mulai dari modernisasi perizinan dan pelayanan publik dari manual menjadi digital.

Pemko juga sudah membangun platform SIKESDA untuk mengakomodasi kebutuhan pengelolaan data transaksi dan layanan di Puskesmas, juga platform aduan masyarakat yang diberi nama Ape Kesah.

Namun beberapa sistem yang dibangun masih dalam tahap pengembangan dan butuh penyempurnaan. Masalah utama yang dihadapi Pemko adalah keterbatasan anggaran untuk menyediakan infrastruktur utama dan pendukung yang memadai.

Kerjasama dengan Telkomsel ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah tersebut. Telkomsel diharapkan membangun sistem dan infrastruktur di awal, kemudian dikerjasamakan dengan Pemko Batam.

“Swasta bisa membangun sistem dan infrastruktur yang dibutuhkan di awal, kemudian ada kerjasama yang dijalin dengan Pemko Batam. Kalau diarahkan harus membeli dan membangun, Pemko Batam terbatas di anggaran,” jelasnya.

General Manager Account Management Sumatera Telkomsel Roeswandi mengatakan, implementasi smart city di Batam akan meningkatkan daya saing Batam dengan kawasan lainnya. Saat ini, sejumlah kawaasan di Asia Tenggara, khususnya Singapura tengah serius menerapkan konsep digital dalam kehidupan industri dan sosialnya.

“Dunia tengah menuju arah digital, jangan sampai Batam tertinggal dengan kawasan lain,” jelasnya.

Pihaknya tengah membahas serius kerjasama solusi digital Pemko Batam dan Pemprov Kepri. Sejumlah solusi digital sudha diimplementasikan. Salah satunya untuk layanan di Dinas Kebersihan Kota Batam.

“Truk pengangkut sampahnya sudah menggunakan solusi digital dari Telkomsel,” jelasnya.

Telkomsel terus menawarkan solusi-solusi digital kepada Pemko Batam dan pemprov Kepri. Beberapa yang ditawarkan adalah terkait modul kebersihan, modul pendapatan daerah, modil parkir digital dan beberapa modul lainnya.

“Beberapa Project ini sedang dalam pembicaraan,” jelasnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya