Telkomsel Tawarkan Solusi Digital bagi Industri Batam

Oleh: Sarma Haratua 06 September 2018 | 15:22 WIB
Telkomsel Tawarkan Solusi Digital bagi Industri Batam
Vice President Corporate Account Management Telkomsel Primadi K. Putra (tengah) dalam acara Telkomsel myBusiness Exhibition di Raddison Hotel Batam, Kamis (6/9)

Bisnis.com, BATAM – Telkomsel menawarkan solusi digital terintegrasi guna meningkatkan performa bisnis Industri di Kota Batam. Solusi digital ini akan mendukung proses digitalisasi suatu perusahaan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara keseluruhan

“Layanan-layanan yang ditawarkan Telkomsel dapat mendorong efisiensi dan produktifitas bisnis korporasi. Pada akhirnya akan mampu mampu mendorong  skala bisnis menjadi lebih besar,” ujar Vice President Corporate Account Management Telkomsel Primadi K. Putra di Batam, Kamis (6/9).

Solusi digital terintegrasi tersebut ditawarkan pada Telkomsel myBusiness Exhibitiondi Raddison Hotel. Telkomsel myBusiness pada akhirnya diharapkan dapat hadir sebagai solusi yang sesuai kebutuhan perusahaan dalam melakukan transformasi digital.

Secara umum solusi digital terintegrasi yang ditawarkan terbagi menjadi 3 kelompok besar, yakni Mobility, Cloud and aplication serta Communication. Ketiganya punya produk-produk layanan unggulan.

Kelompok Mobility menghadirkan layanan Mobile Security ,Emergency Mass Notification Services, Enterprise Secure Messaging dan Touch To Talk. Layanan-layanan ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan performa bisnis dengan membuat karyawan terus terhubung kapan saja, dimana saja, dan dari perangkat apa saja.

Sementara area Cloud and Apps menawarkan ayanan Field Force Management, Digital Smart City dan Smart Dashboard. Layanan ini mendukung perusahaan untuk menjalankan bisnisnya dan bersaing lebih efektif di pasar dengan bundling mobile apps, yang dikustomisasi sesuai kebutuhan pelanggan, baik cloud maupun on-premise.

Area terakhir adalah Communication yang menawrkan layanan Advanced Communication (Unified Communication, Enterprise Call Solution, Enterprise Smart Connection). Ada pula layanan Communication (TeamPLAN dan Device Bundling) yang memungkinkan perusahaan untuk efisiensi biaya operasional baik komunikasi internal maupun ekternal perusahaan.

Solusi ini akan membantu mobilitas karyawan maupun keterlibatan pelanggan, meningkatkan akses terhadap informasi, meningkatkan efisiensi proses bisnis, meningkatkan produktivitas karyawan, menurunkan biaya operasional, meningkatkan customer experience dan lainnya.

“Semua ini muaranya adalah untuk peningkatan produktifitas dan mendorong kapasitas bisnisnya menjadi lebih besar,” jelasnya.

Menurutny Industri di Batam sduah harus mulai meningkatkan pemanfaatan teknologi digital untuk membantu prose bisnisnya. Telkomsel sendiri memberikan keleluasaan bagi pelanggan korporasi besar untuk mengkostumisasi produk sesuai kebijakan perusahaan.

“Perusahaan besar pasti sudah punya sistem IT, keamanan dan kebijakan sendiri. Maka akan ada proses Costumisasi yang kita lakukan bersama peruahaan,” jelasnya.

Sementara untuk pelanggan korporasi kecil dan menengah ditawarakan produk generik. Dimana Telkomsel menawarkan faktor-fator keamanan yang teruji.

Telkomsel juga memperhatikan aspek keamanan data perusahaan. Sejumlah perangkat dan layanan yang ditawarkan memastikan data internal perusahaan tidak bocor keluar. Termasuk data pembicaraan diinternal persahaan yang dilakukan di aplikasi.

“Kalau percakapan di sejumlah aplikasi pecakapan sangat mudah unutk bocor keluar. Sementara layanan kita terjamin keamanannya,” jelasnya.

Untuk mengoptimalkan layanannya, Telkomsel menggandeng sejumlah mitra kerja ndalam dan luar negeri. Kerjasama dengan rekanan memastikan layanan yang diberikan Telkomsel kepada pelanggan sudah siap pakai.

“Solusi digital terintegrasi ini sudah dilengkapi aplikasi, data, dan perangkat. Dengan demikian, perusahaan bisa mendapatkan layanan lengkap dengan biaya yang jauh lebih murah,” ujar General Manager Goverment Product Marketing Telkomsel Rini Apriliani.

Untuk urusan keamanan, Telkomsel menggandeng MDM, VM Ware dan Blackberry. Semua aplikasi yang dibundling dalam solusi digital terintegrasi akan disandingkan dengan Mobile Security tersebut. Aplikasi ini memastikan data internal perusahaan hanya bisa diaktifkan oleh perangkat tertentu, dan oleh karyawan yang terotoritisai.

“Jadi perangkatnya tak bisa digunakan untuk aktifitas yang lain, atau digunakan oleh orang kecuali karyawan yang bernar-benar ditunjuk. Perangkat yang dimaksud juga tak akna bisa digunakan di luar lokasi kerja yang telah ditentukan,” jelasnya.

Line of Bussines industri di Batam kebanyakan adalah manufaktur. Hampir semua solusi aygn ditawarkan bisa digunakan oleh segment tersebut.

Yang paling banyak digunakan oleh Industri Manufaktur adalah Field Force Management. Dengan layanan ini, perusahaan yang biasanya menggunakan sistem manual menggnakan kertas bisa menggunakan sistem digital.

Layanan kedua yang juga dibutuhkan industri manufaktur adalah Touch to Talk. Sistem ini hampir sama dengan Walky Talky, bedanya layanan ini menggunakan telepon pintar. Dengan sistem ini perusahaan bsia mengontrol karyawan yang berada di area kerja yang luas.

“Dengan menggunakan Geo Taging, perusahaan bisa melihat posisi karyawannya secara spesifik. Termasuk ketika dia tak berada di lokasi kerja,”

Layanan Smart Dashboard juga menjadi kebutuhan industri manufaktur. Layanan ini bisa memonitor laporan-laporan pekerjaan yang masuk dari sejumlah departmen di dalam perusahaan.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya