Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mufidah Kalla Lantik Ketua Dekranasda Sumut

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Mufidah Kalla melantik Ketua Dekranasda Sumatera Utara Nawal Lubis, istri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, di Kantor Kemendagri, Jakarta.
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Istri Wakil Presiden Mufidah Kalla/ANTARA
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Istri Wakil Presiden Mufidah Kalla/ANTARA

Bisnis.com, MEDAN - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Mufidah Kalla melantik Ketua Dekranasda Sumatera Utara Nawal Lubis, istri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Dalam pidatonya, Mufidah meminta pada istri gubernur sembilan provinsi yang baru dilantik untuk mengembangkan kerajinan di daerah sebagai kekayaan nusantara demi meningkatkan daya saing pengrajin nasional.

"Antara dekranasda provinsi dan kabupaten/kota harus bersinergi agar pembinaan dapat berjalan maksimal. Sehingga hasil upaya kita semua dapat dirasakan para pengrajin dan meningkatkan daya saing," ujar Mufidah., Kamis (6/9/2018)

Dengan begitu, lanjut istri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla itu, lembaga Dekranas dan Dekranasda akan dianggap mumpuni karena mampu menjadi lembaga handal dalam keikutsertaan menyejahterakan pengrajin.

Mufidah juga menginformasikan bahwa akan ada pameran kerajinan yang akan dilaksanakan akhir September mendatang yang nantinya menampilkan aneka produk nusantara.

"Oleh karena itu kami berharap kepada ketua Dekranasda yang baru dilantik dapat menyiapkan keikutsertaan pada kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya," ujar Mufidah.

Ketum Dekranas juga meminta seluruh istri Gubernur yang dilantik hari itu, agar segera menyusun dan membentuk kepengurusan Dekranasda Provinsi. Sehingga setelahnya akan dilanjutkan dengan penyusunan program kegiatan yang berkaitan dengan kerajinan.

Dia menjelaskan Dekranas merupakan lembaga atau organisasi independen dan nirlaba yang berfungsi melestarikan, mengembangkan serta mempertahankan warisan budaya Nusantara. "

Selama ini sudah banyak program dan bagian yang dilakukan oleh dekranas dan dekranasda bersama dengan pemerintah pusat dan daerah serta lembaga terkait lainnya seperti perbankan, perusahaan BUMN dan swasta dalam membina kerajinan nusantara," katanya.

Dalam acara pelantikan tersebut hadir mendampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayaid bersama delapan Gubernur lainnya, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama Istri Sri Ayu Mihari, Sekdaprov Sumut Dr Hj Sabrina beserta jajaran OPD Pemprov Sumut. Pelantikan tersebut juga dihadiri langsung Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper