Pecahkan Rekor MURI 7000 Penari Gemu Famire di Lanud Soewondo

Oleh: Ropesta Sitorus 05 September 2018 | 00:12 WIB
Pecahkan Rekor MURI 7000 Penari Gemu Famire di Lanud Soewondo
Sedikitnya 7.000 orang bersama-sama melakukan Tarian Gemu Famire di Lapangan Udara Soewondo, Medan, Selasa (4/9/2018)/Youtube

Bisnis.com, MEDAN – Sedikitnya 7.000 orang bersama-sama melakukan Tarian Gemu Famire di Lapangan Udara Soewondo, Medan, Selasa (4/9/2018).

Pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Tari Gemu Famire dengan peserta terbanyak di Indonesia ini dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI. 

Tari Gemu Famire yang digelar serentak oleh Kodam I/Bukit Barisan dan beberapa Kodam lain di Indonesia tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat berolahraga, serta melestarian seni dan budaya nusantara.

“Khususnya para pemuda, menumbuhkan semangat berolahraga dan untuk hidup sehat, sehingga olahraga menjadi kebutuhan kita semua. Kalau badan sehat, kalau badan bugar, pemikiran pastilah sehat,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Bahar juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI. “Semoga TNI semakin maju. Selain itu, semoga TNI dan Polri dalam hal ini juga semakin kompak, solid, dan terus bersinergi dalam mewujdukan Kamtibnas di Indonesia, khususnya Sumut,” ujarnya.

Sementara itu, Panglima Daerah Militer I/Bukit Barisan Mayjen M Sabrar Fadhilah mengatakan dalam rangka HUT ke-73 TNI  yang jatuh pada 5 Oktober, pemecahan rekor ini merupakan momen kebersamaan antar komponen bangsa.

“Kita saling mendukung kekompakan sinergitas soliditas mengajak semua komponen bangsa termasuk anak sekolah untuk memeriahkannya,” katanya.

Sabrar mengatakan peserta yang mengikuti Gemu Famire di Indonesia ditargetkan sebanyak 360.000 orang, meski tidak tertutup kemungkinan melebihi target.

“Di wilayah saya, ada 2 tempat selain di Lanud Soewondo ini, ada di Belawan juga. Di sini, barangkali ada 7000-an mungkin bisa mencapai 8000-an orang karena semua orang ingin meramaikan kegiatan ini, di Belawan kemungkinan 3000-an orang,” ungkapnya.  

Selain di Lapangan Udara Soewondo dan Belawan, di Sumut, kegiatan ini juga diadakan di Kota Pematang Siantar. Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan penghargaan MURI untuk menghiasi Pos Siskamling terbanyak di Indonesia yang diterima oleh Pangdam I/BB sebagai pemrakarsa kegiatan tersebut. Serta peluncuran aplikasi E-Babinsa Kodim 020 / BS dan nada sambung pribadi mars Angkatan Darat.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya