13 Stasiun LRT Palembang Bisa Digunakan Oktober 2018

Oleh: Dinda Wulandari 25 Agustus 2018 | 02:15 WIB
13 Stasiun LRT Palembang Bisa Digunakan Oktober 2018
Light tail transit (LRT) melintas usai pelaksanaan salat Iduladha di depan Masjid Agung Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (22/8/2018)./Antara-Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah memastikan 13 stasiun kereta ringan (light rail transit/LRT) Palembang dapat digunakan penumpang pada Oktober 2018 sehingga memudahkan mobilisasi perjalanan masyarakat mencapai tujuan di kota itu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini baru enam stasiun yang bisa digunakan penumpang.

"Sudah ada enam stasiun, yang lain sekitar Oktober sudah bisa digunakan sehingga harapan kami LRT bisa jadi angkutan utama bisa segera terealisasi," ujarnya saat meninjau sarana dan prasarana LRT Palembang, Suatra Selatan, pada Jumat (24/8/2018).

Enam stasiun yang sudah beroperasi tersebut yakni Stasiun DJKA, Jakabaring, Ampera, Cinde, Bumi Sriwijaya, dan Stasiun Bandara.

Sementara stasiun yang belum bisa digunakan untuk menjadi tujuan penumpang adalah Stasiun Asrama Haji, Punti Kayu, RSUD, Garuda Dempo, Demang, Dishub, dan Stasiun Polresta.

Menhub mengemukakan tujuh stasiun belum beroperasi karena masih dalam pengerjaan akses seperti pemasangan eskalator dan tangga untuk pengguna.

Sementara itu Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk. I Gusti Ngurah Putra mengatakan pihaknya terus menggenjot penyelesaian akses stasiun.

"Ada beberapa eskalator yang belum selesai, targetnya Desember sudah selesai semua. Stasiun ini sudah jadi semua, tinggal masalah akses," ujar Ngurah Putra.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan LRT Palembang ditargetkan beroperasi penuh pada 3 September 2018 dan kembali diberlakukan tarif subsidi untuk pengguna yakni Rp5.000 antarstasiun dan Rp10.000 untuk rute Bandara – Jakabaring.

Sementara saat ini, selama Asian Games berlangsung hingga 2 September 2018, masyarakat gratis menggunakan LRT.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya