Ilustrasi: Anggota komunitas mural Bogor membuat gambar tentang bahaya merokok di Taman Ekspresi, Kelurahan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/5)./Antara-Arif Firmansyah
Health

Boikot Rokok, 100 Kota di Sri Lanka Lakukan Cara Ekstrem Ini

Newswire
Kamis, 23 Agustus 2018 - 09:08
Bagikan

Bisnis.com, KOLOMBO - Cara ekstrem dilakukan lebih dari 100 kota di Sri Lanka dalam memerangi rokok.

Tak lagi memasang imbauan bahaya merokok, di lebih 100 kota di seluruh Sri Lanka itu malah memboikot penjualan rokok. Tujuannya satu: agar orang tidak merokok dan membuat Sri Lanka jadi negara yang bebas tembakau. Demikian dikatan pihak Kementerian Kesehatan Negeri itu pada Rabu (22/8).

Menurut Kementerian tersebut, Uni Inspektur Kesehatan Masyarakat (PHI) telah meluncurkan beberapa program di seluruh negeri itu untuk mendidik warga setempat mengenai dampak buruk merokok dan hasilnya, pemilik toko serta pengusaha dari banyak kota kecil telah menghentikan penjualan rokok.

Setakat ini, 22 kota kecil di Jaffna, di bekas wilayah perang di Sri Lanka Utara, 17 kota kecil di Matara di bagian selatan negara pulau tersebut dan 16 kota kecil di Kurunegala di bagian barat-laut Sri Lanak tidak menjual rokok, kata Xinhua --yang dipantau Antara pada Kamis. Sebanyak 107 kota kecil memboikot penjualan rokok.

Menteri Kesehatan Rajitna Senaratne, saat menyampaikan kepuasan mengenai jumlah itu, mengatakan mereka berharap bisa meningkatkan jumlah tersebut jadi 200 tahun depan.

Pemerintah Sri Lanka selama beberapa tahun belakangan telah melakukan sejumlah tindakan guna mendorong orang agar tidak merokok dan mengurangi pejualan rokok di seluruh pulau itu.

Sebagian langkah tersebut meliputi peningkatan pajak atas tembakau sampai 90%, peningkatan peringatan berupa gambar, larangan penjualan rokok dalam radius 100 meter dari sekolah dan larangan orang merokok di tempat umum.

Pemerintah juga bermaksud melarang pembudidayaan tembakau sampai 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Xinhua-OANA
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro