750 Kantong dari 1 Ton Lebih Sapi Jokowi Dibagikan ke Warga Miskin Sumbar

Oleh: Heri Faisal 22 Agustus 2018 | 16:37 WIB
750 Kantong dari 1 Ton Lebih Sapi Jokowi Dibagikan ke Warga Miskin Sumbar
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) memberikan seekor sapi kepada pengurus masjid Baitul Faidzin, CIbinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/8). Pada Idul Adha 1439 H tahun ini, Presiden Jokowi memberikan satu ekor sapi kurban jenis peranakan Ongol dengen bobot 1,3 ton./Antara

Bisnis.com, PADANG—Sebanyak 1 ton lebih sapi sumbangan Presiden Joko Widodo untuk pelaksanaan Idul Adha di Sumatra Barat dibagikan kepada masyarakat miskin di daerah itu. Daging dari sapi yang dipotong dalam rangka kurban itu dibagi ke dalam 750 kantong.

Ketua Masjid Raya Sumbar Yulius Said menyebutkan sapi sumbangan presiden seberat 1 ton lebih akan dibagikan ke masyarakat maskin dengan kalkulasi sebanyak 750 kantong dengan berat masing – masing sekitar 1,5 kilogram.

“Estimasi kami, dengan sapi berbobot 1 ton 80 kilogram, bisa dihasilkan 750 kantong dengan berat masing – masing 1,5 kilogram,” katanya, Rabu (22/8/2018).

Menurut Yulius, sapi bantuan presiden itu akan dibagikan kepada masyarakat miskin di kawasan yang dekat dengan Masjid Raya Sumbar.

Selain warga sekitar Masjid Raya Sumbar, daging juga diberikan kepada masjid dan musala di pinggiran Kota Padang untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang tidak mampu.

“Mekanismenya, kami pengurus mesjid akan menyerahkan kepada masing–masing ketua RT untuk diserahkan ke warganya. Juga disalurkan ke mesjid dan musala di pinggiran Kota Padang,” ujarnya.

Selain itu, daging kurban tersebut juga dibagikan kepada panti asuhan dan pondok pesantren yang ada di Padang.

Adapun, sapi sumbangan presiden adalah jenis sapi simental dengan berat 1 ton 80 kilogram yang dibeli dari peternak di Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

Total, untuk tahun ini jumlah hewan kurban di seluruh Sumbar mencapai 45.630 ekor atau meningkat sekitar 7% dari tahun lalu yang hanya sebanyak 42.250 ekor.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya