Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNPB: Indonesia Jadi Rujukan untuk Belajar Penanganan Bencana

Banyak pihak yang menilai kurangnya aksi pemerintah dalam penanganan bencana alam, tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan fakta yang ada.
Kepala Pusat Data dan Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Sutopo Purwo Nugroho saat memberikan update kondisi gempa Lombok Timur di kantor BNPB, Jakarta, (31/7/2018)./Bisnis - Muhammad Ridwan
Kepala Pusat Data dan Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho saat memberikan update kondisi gempa Lombok Timur di kantor BNPB, Jakarta, (31/7/2018)./Bisnis - Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak pihak yang menilai kurangnya aksi pemerintah dalam penanganan bencana alam, tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan fakta yang ada.

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data dan Informasi Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara percontohan penanganan bencana bagi negara-negara asing.

Sutopo mengungkapkan bahwa Indonesia pernah meraih penghargaan dari Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-bangsa.

“Justru banyak negara-negara luar belajar ke Indonesia,” ujar Topo sapaan akrabnya di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

“Indonesia mendapat penghargaan dari Sekjen PBB untuk penanggulangan bencana sehingga menjadi negara percontohan,” lanjutnya.

Selain itu, pihak Jepang pernah meminta masukan kepada Indonesia dalam hal penanganan bencana pada saat musibah gempa bumi dan tsunami di Thoku, Jepang.

“Pada gempa Thoku 2011, Perdana Menteri Jepang menghadap ke Ketua BNPN untuk meminta masukan,” tuturnya.

Untuk penanganan bencana alam, Indonesia sudah memiliki berbagai pengalaman, maka pihaknya yakin betul untuk menangani bencana alam dengan sangat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper