Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook Dorong UKM Melek Digital

Facebook meluncurkan kampanye Laju Digital yang bertujuan membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah untuk melek digital dengan mengembangkan bisnisnya secara daring.
Ilustrasi Facebook./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi Facebook./Bloomberg-Chris Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA -- Facebook meluncurkan kampanye Laju Digital yang bertujuan membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah untuk melek digital dengan mengembangkan bisnisnya secara daring.

Kampanye tersebut menyasar 3.000 unit usaha yang tersebar di 15 kota Indonesia, termasuk beberapa kota di belahan timur yaitu Gorontalo, Kupang, Manokwari, dan Mataram. 

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari menyatakan kampanye tersebut berisi serangkaian pelatihan dan lokakarya tanpa pungutan biaya yang berlangsung selama beberapa bulan.

"Harapan kami, Facebook lebih dari sekadar platform penghubung pengguna dengan kerabat dan keluarga. Facebook ingin mengeksplor lebih dalam agar penggunaan platform kami dapat dipergunakan lebih dalam untuk meningkatkan daya saing di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Selasa (14/8/2018). 

Program tersebut turut menyasar individu maupun komunitas. Bagi para pencari kerja misalnya, pelatihan yang diselenggarakan Facebook akan membantu pengguna untuk meningkatkan profil di dalam media sosialnya.

Dalam penelitian Morning Consult, 90% Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menyatakan bahwa keterampilan digital dan media sosial menjadi salah satu pertimbangan penting dalam merekrut karyawan.

Ruben menerangkan fokus kampanye tersebut adalah meningkatkan literasi digital di Indonesia Timur. Pasalnya, pengakses internet di wilayah timur baru mencapai 15% dari total 148 juta pengguna internet di seluruh Indonesia.

Hal tersebut turut tercermin dari sebaran 110 juta pengguna platform Facebook di Indonesia yang sebagian besar berada di Pulau Jawa.

"Program ini terutama difokuskan untuk di daerah Indonesia Timur dengan memanfaatkan platform kami," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper