Steak/Brake.co.uk
Health

Mengantuk Setelah Makan, Begini Cara Mengatasinya

Eva Rianti
Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sesudah makan siang kadang sebagian besar orang merasa mengantuk. Ketahuilah, kondisi itu memungkinkan terjadinya food coma.

Food coma adalah suatu kondisi yang dapat terjadi setelah mengonsumsi makanan yang membuat Anda merasa sangat lelah dan mengantuk serta kurang bersemangat melakukan sesuatu sehingga seperti orang koma.

Dalam istilah medis, food coma disebut dengan postprandial somnolence

Dilansir dari Boldsky, setidaknya terdapat tiga penyebab daripada food coma. 

Pertama, makanan yang mengandung triptofan, asam amino yang ditemukan dalam produk susu dan daging tertentu.

Ketika asam amino dikonsumsi bersama dengan karbohidrat seperti nasi atau kentang, ini akan meningkatkan produksi serotonin. 

Serotonin dihasilkan dari triptofan dan dikonversi menjadi melantonin. Hormon ini membantu tubuh mempersiapkan diri untuk tidur. 

Kedua, mengonsumsi makanan tinggi lemak. Peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat dapat menyebabkan kantuk setelah makan. 

Ketiga, pergeseran aliran darah dari otak ke organ pencernaan. Saat Anda makan, sistem saraf parasimpatis menjadi aktif. Sistem ini dipicu ketika perut menjadi kenyang setelah mengonsumsi makanan besar. Akibatnya, aliran darah lebih diarahkan ke kerja organ pencernaan daripada otak.

Pengalihan ini dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk dan lelah. Parasimpatik juga mengatur fungsi-fungsi tertentu dalam tubuh seperti memperlambat denyut jantung dan mengatur pencernaan dan tekanan darah.

Untuk mengatasi food coma atau postprandial somnolence, ada empat hal yang perlu Anda lakukan. 

Pertama, jika Anda merasa tidak enak badan atau kembung setelah makan, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi teh herbal peppermint untuk menenangkan perut.

Kedua, menyeimbangkan makanan Anda. Piring Anda harus diisi dengan jumlah sayuran, protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang sama. Sertakan sayuran berdaun hijau juga yang dikemas dengan serat karena penting untuk pencernaan.

Ketiga, makan lebih sedikit akan membuat Anda tetap waspada setelah makan siang, terutama ketika Anda berada di kantor. Jaga ukuran porsi makan Anda. 

Keempat, setelah makan besar, buat diri Anda aktif dengan menikmati jalan kaki singkat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang otot-otot Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro