PENERIMAAN CPNS: Pemkot Padang Usulkan 956 Formasi

Oleh: Heri Faisal 11 Agustus 2018 | 06:05 WIB
PENERIMAAN CPNS: Pemkot Padang Usulkan 956 Formasi
Peserta bersiap mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Kampus Stie Amkop jalan Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/9/2017)./ANTARA FOTO-DARWIN F

Bisnis.com, PADANG — Pemerintah Kota Padang bakal mengajukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 956 formasi tahun ini, guna mengantisipasi banyaknya pegawai yang pensiun.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang Fitri Abu Hasan mengatakan pemerintah setempat berencana mengajukan formasi penerimaan CPNS.

“[Penerimaan] belum pasti, tetapi kami ajukan pembukaan formasi ke pusat [Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi],” ujarnya, Jumat (10/8/2018).

Pemerintah setempat bakal mengajukan sekitar 956 formasi untuk memenuhi kebutuhan jumlah pegawai, mengingat banyaknya pegawai yang pensiun.

Namun, jumlah ini masih bisa berubah karena disesuaikan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun pada 2018, yang jumlahnya sebanyak 617 orang. Dengan demikian, formasi yang diusulkan bisa berkurang menjadi sekitar 650. 

Namun, saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari kementerian kapan penerimaan CPNS mulai dibuka. Jadi, Fitri mengingatkan informasi yang beredar soal penerimaan CPNS di masyarakat adalah hoaks.

“Kabar penerimaan CPNS saat ini adalah hoaks, belum ada informasi resmi dari kementerian. Jadi kepada calon pelamar agar jangan sampai tertipu,” tegasnya.

Jika sudah dibuka, maka pemerintah pusat pasti akan menyurati kabupaten dan kota serta menyampaikan pengumuman resmi.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Asnel mengungkapkan pemerintah setempat masih membutuhkan sekitar 3.000 CPNS untuk mengisi kekurangan pegawai di lingkungan Pemkot Padang dan diharapkan ada penerimaan tahun ini.

“Kalau kebutuhan, masih perlu sedikitnya 3.000 pegawai lagi untuk lingkungan Pemkot Padang, makanya diperlukan penerimaan,” ucapnya.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya