BI Sumut Mengajar, Strategi Jangkau Anak Muda

Oleh: Ropesta Sitorus 09 Agustus 2018 | 19:33 WIB
Kantor Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com,  MEDAN – Bank Indonesia menggelar rangkaian kegiatan Bank Indonesia Mengajar ke beberapa kota, termasuk tiga sekolah di wilayah Sumatra Utara.

Pada Kamis (9/8/2018), Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administasi Bank Indonesia Perwakilan Sumut Andiwiana Septonarwanto, didapuk mengajar di hadapan sekitar 200 orang pelajar di SMK Swasta Istiqlal Deli Tua, Deli Serdang, Sumut.

Andi, begitu dia biasa disapa, mengangkat topik seputar peran dan tanggung jawab Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi, baik lewat instrumen moneter, makroprudensial serta terkait sistem pembayaran.

Dia juga menyinggung soal inflasi, potensi penduduk berusia muda, serta kebijakan terbaru Gerbang Pembayaran Nasional. Acara tersebut berjalan cukup interaktif diselingi dengan kuis-kuis yang dilemparkan Andi untuk mencairkan suasana.

Kepada media, Andi menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Indonesia ke 65 sekaligus untuk merayakan HUT RI ke 73.

Menurutnya, dalam mewujudkan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan, bank sentral tidak dapat hanya menggandeng pelaku ekonomi, tetapi harus menyiapkan pemahaman bagi kawula muda yang kelak akan menjadi calon pelaku usaha atau pekerja profesional.

“BI Mengajar dipilih karena kami punya kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan dan di situlah anak-anak muda berada. Indonesia salah satu negara yang mayoritas penduduknya anak muda, makanya kalau ingin kebijakan kita dimenegerti oleh masyarakat, ya harus dekat dengan anak muda, termasuk yang masih duduk di bangku sekolah,” paparnya.

Selain sekolah tersebut, BI Mengajar di Sumut akan dilanjutkan di dua sekolah lainnya di bilangan Pangkalan Brandan dan Deli Serdang. “Di wilayah sekitar Medan ada 3 sekolah, tapi kami juga lakukan ini secara serentak di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Rosmidar, Kepala Sekolah SMK Swasta Istiqlal Deli Tua menyatakan pihaknya menyambut positif kegiatan tersebut. Dia berharap kerja sama dengan Bank Indonesia dapat dilakukan secara berkelanjutan, terutama dalam kontribusi sebagai tenaga pangajar tamu.

“Kami butuh kerja sama yang baik dari Bank Indonesia sebagai bank sentral tentang perbankan nasional dan kaitannya dengan pendidikan Indonesia, khususnya kepada anak-anak di jurusan manajemen bisnis. Banyak bank yang masuk ke kami, tapi hanya bergerak dalam peminjaman uang, belum ditindaklanjuti sebagai narasumber,” ujarnya.

Selain mengajar, BI juga menyerahkan bantuan berupa perangkat laptop dan infocus untuk meningkatkan mutu pembelajaran audiovisual.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya