Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

pipa gas./ANTARA
pipa gas./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Gas Negara Tbk. memasok kebutuhan gas sebanyak 1,32 juta m3 per bulan pabrik pelapis baja atau galvanizing, annealing, and processing line (GAPL) milik PT Krakatau Nippon Steel Sumikin.

Produk baja yang dihasilkan pabrik PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) senilai US$300 juta nantinya digunakan untuk memasok kebutuhan industri otomotif nasional.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, emiten berkode saham PGAS itu ditetapkan sebagai pemenang tender penyaluran gas untuk keperluan produksi pabrik GAPL milik Krakatau Nippon pada 15 April 2016. Penyaluran gas ke pabrik itu  dimulai Selasa (7/8).

PGN telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur pipa gas distribusi menuju pabrik sehingga bisa melakukan penyaluran gas tepat waktu.

Rachmat mengatakan, PGN berpotensi menyalurkan gas sebanyak 1,32 juta m3 per bulan seiring dengan meningkatnya permintaan cold rolled steel (CR), galvannealed steel (GA), dan hot dip galvanized steel (GI) dari industri otomotif.

"Dengan beroperasinya pabrik ini, diharapkan industri otomotif yang ada di Indonesia seperti Toyota, Suzuki, Nissan, Daihatsu, dan lain-lain dapat mengalihkan bahan baku yang tadinya impor menjadi membeli dari KNSS [Krakatau Nippon Steel Sumikin sehingga PGN dapat mendukung KNSS berkontribusi meningkatkan perekonomian dalam negeri," tuturnya dalam keterangan resmi, Rabu (8/8).

Setelah melakukan uji coba produksi selama lebih dari 1 tahun, pada 7 Agustus 2018, KNSS melakukan peresmian pabrik yang dihadiri oleh Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., Duta Besar Jepang untuk Indonesia, perwakilan dari Kementerian BUMN, perwakilan dari Kementerian Perindustrian, perwakilan dari Gubernur Banten, PGN, Sumitomo Metal Corporation, dan lainnya.

Pabrik GAPL milik KNSS memiliki kapasitas produksi bahan baku industri otomotif sebanyak 480.000 ton per tahun. Pabrik baja ini merupakan perusahaan patungan antara Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) dari Jepang dan Krakatau Steel dari Indonesia, yang merupakan pelanggan besar gas PGN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper