Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

32.000 Benih Ikan Ditebar di Danau Toba

Sebanyak 32.000 ekor benih ikan berbagai jenis ditebar di Pantai Danau Toba untuk melestarikan populasi ikan di sana. 
Danau Toba/Antara-Sigid Kurniawan
Danau Toba/Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, SIMALUNGUN – Sebanyak 32.000 ekor benih ikan berbagai jenis ditebar di Pantai Danau Toba untuk melestarikan populasi ikan di sana.

Pelepasan bibit ikan dilakukan oleh Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Zonny Waldi, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumut Zubaidi, Kadis Perikanan dan Kelautan Sumut Mulyadi Simatupang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, perwakilan LSM dan masyarakat, Sabtu (4/8/2018).

“Jika ikan yang disebar hidup maka itu berarti lingkungan dan perairan di Danau Toba masih bagus,” ujar Zonny, dikutip dari keterangan resmi.

Penyebaran benih ikan ini juga untuk melestarikan populasi ikan di Danau Toba, dengan harapan ikan tangkapan nelayan di daerah tersebut semakin banyak dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga secara bertahap dapat mengalihkan masyarakat dari pembudi daya ikan menjadi penangkap ikan, dan keberadaan kerambah jaring apung (KJA) di Danau Toba dapat dikurangi, sesuai dengan Peraturan Gubernur tentang daya dukung dan daya tampung Danau Toba,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Provsu Mulyadi Simatupang mengatakan, benih ikan yang dilepas berukuran 5-8 cm sebanyak 32.000 ekor.

“Setiap tahun kami ada menebar sedikitnya 1,2 juta ekor benih ikan berbagai jenis di Danau Toba. Tujuannya untuk melestarikan populasi ikan di Danau Toba, sekaligus mengurangi keberadaan KJA di Danau Toba,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper