Api Obor Asian Games 2018 di Sumut Bakal Mampir Danau Toba

Oleh: Ropesta Sitorus 31 Juli 2018 | 09:23 WIB
Api Obor Asian Games 2018 di Sumut Bakal Mampir Danau Toba
Atlet pencak silat asal Bulukumba Selvi (kiri) bersama Artis Mario Lawata (kanan) membawa obor Asian Games 2018 menggunakan perahu di pusat pelabuhan ikan (PPI) Tanah Beru, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/7)/Antara

Bisnis.com, MEDAN – Api Obor Asian Games 2018 akan diarak di beberapa daerah di Sumatra Utara, untuk memperkenalkan potensi wisata daerah tersebut, khususnya wilayah Danau Toba.

Berdasarkan agenda acara yang diterima Bisnis, tim pembawa Api Obor Asian Games 2018 dijadwalkan tiba di Bandara Kualanamu pada hari ini, Selasa (31/7/2018) pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju wilayah Parapat, Simalungun, dan disambut oleh pejabat setempat. Dalam rute menuju Parapat, api abadi tersebut akan melintasi beberapa Kabupaten/ Kota seperti Deli Serdang, Serdang Berdagai, Tebing Tinggi, Pematangsiantar, Simalungun, Tobasa dan Tapanuli Utara.

Acara kirab akan dimulai keesokan harinya yakni pada Rabu (1/8/2018) pagi di rumah Pesanggrahan Soekarno di Parapat. Selanjutnya kegiatan dilakukan di Pantai Bebas Parapat yang sekaligus menjadi tempat finish pengarakan Api Obor Asian Games 2018 di Kabupaten Simalungun.

Setelah itu, rombongan bergeser ke wilayah Kabupaten Tobasa, tepatnya ke kota Balige. Di kota tersebut, tim akan berlari mengarak Api Obor Asian Games 2018 dimulai dari kantor Telkom Balige menuju ke Pantai Bulbul.

Agenda di titik finish tersebut seremoni pelepasan tim menuju bandara Silangit. Pada tengah hari, tim pembawa Api Obor Asian Games 2018 dijadwalkan kembali terbang menuju Riau dan melanjutkan arak-arakan mulai dari kota.

Api Asian Games berasal dari India. Api obor tersebut direncanakan diarak melintasi 54 kota di Indonesia mulai 15 Agustus – 18 Agustus 2018.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi dengan Kapolda Sumut, Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampaikan pihaknya akan menghadirkan pelajar-pelajar untuk ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Adapun, dari Polda Sumut akan melibatkan sebanyak 204 personel Satgas Polda Sumut dan 917 personel Satgaswil Jajaran Polda Sumut untuk melakukan pengamanan selama event berlangsung.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya