Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seusai Piala Dunia, FIFPro Minta Pemain Istirahat 4 Pekan

FIFPro mengatakan setidaknya 15 pemain yang bermain di Piala Dunia ambil bagian pada kompetisi-kompetisi UEFA kurang dari 4 pekan setelah kembali dari Rusia, membuat mereka tidak mendapatkan libur musim panas yang cukup.
Marcus Rashford dipaksa memangkas liburan demi Manchester United./Reuters
Marcus Rashford dipaksa memangkas liburan demi Manchester United./Reuters

Bisnis.com, ZURICH – Persatuan Pesepak Bola Profesional Dunia (FIFPro) mengatakan setidaknya 15 pemain yang bermain di Piala Dunia ambil bagian pada kompetisi-kompetisi UEFA kurang dari 4 pekan setelah kembali dari Rusia, membuat mereka tidak mendapatkan libur musim panas yang cukup.

FIFPro menegaskan tuntutannya terhadap periode istirahat wajib yakni setidaknya selama 4 pekan antara pertandingan terakhir dalam semusim dan awal latihan pramusim untuk musim selanjutnya.

"Para pemain berada di bawah tekanan yang terlalu banyak, terperangkap di antara tuntutan klub-klub mereka dan kesejahteraan mereka sendiri," demikian pernyataan FIFPro.

"Meski FIFPro memahami implikasi-implikasi keuangan dari Liga Champions UEFA dan Liga Europa UEFA untuk klub-klub, kesehatan para pemain ini berada dalam risiko karena jadwal pertandingan yang padat."

Fase grup Piala Dunia di Rusia, yang secara resmi merupakan bagian dari musim lalu, berakhir pada 28 Juni sedangkan final dimainkan pada 15 Juli.

Putaran pertama kualifikasi Liga Champions musim ini dimulai pada 10 Juli, berarti dua musim itu memiliki dampak tumpang-tindih selama beberapa hari.

Pemain Islandia Arnor Traustason bermain dan mencetak gol untuk juara Swedia Malmo saat mereka menang 3-0 di markas tim Kosovo Drita pada kualifikasi Liga Champions yang berlangsung pada 10 Juli.

Dua anggota skuat Piala Dunia Serbia Nemanja Radonjic dan Milan Rodic bermain untuk Red Star Beograd pada kualifikasi Liga Champions pada 11 Juli, dan kompatriotnya Vladimir Stojkovic bermain untuk Partizan di Liga Europa sehari kemudian.

Ketika klub-klub dari liga-liga yang lebih kecil telah mengikuti kualifikasi kompetisi Eropa, klub-klub besar menjalankan tur-tur ke luar negeri yang menguntungkan.

Pada awal pekan ini, manajer Manchester United Jose Mourinho mengatakan para pemainnya yang berpartisipasi di Piala Dunia semestinya mempertimbangkan untuk memangkas liburan mereka untuk membantu tim pada fase awal musim baru Liga Primer Inggris.

Sejumlah pemain tim inti United, termasuk pemain Prancis Paul Pogba, pemain Belgia Romelu Lukaku, dan pemain Inggris Jesse Lingard dapat absen pada pertandingan pembukaan liga melawan Leicester City dalam waktu kurang dari 2 pekan lagi.

Bek Inggris Phil Jones dan penyerang Marcus Rashford diperkirakan kembali lebih awal untuk membantu persiapan tim menjelang musim baru.

Mourinho, yang dibuat frustrasi setelah melihat timnya kalah 1-4 dari Liverpool di AS pada akhir pekan lalu, menyarankan para pemain lain melakukan hal serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper